Kamis 18 Aug 2011 10:40 WIB

Pemkot Padang Rencana Dirikan Koperasi Berbasis Masjid di Tiap Kelurahan

Red: Siwi Tri Puji B
Majelis Taklim Indonesia Daerah (MTID) Padang mendapat dana bantuan Rp 75 juta dari Tim penggerak PKK Padang. (ilustrasi)
Foto: www.humaspdg.wordpress.com
Majelis Taklim Indonesia Daerah (MTID) Padang mendapat dana bantuan Rp 75 juta dari Tim penggerak PKK Padang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat berencana akan mencanangkan untuk mendirikan satu koperasi berbasis masjid di setiap kelurahan. "Kita berencana akan mendirikan koperasi setiap kelurahan yang ada di Kota Padang," kata Walikota Padang, Fauzi Bahar, di Padang, Rabu.

Menurutnya, rencananya koperasi yang didirikan setiap keluruhan yang ada di Kota Padang akan dimulai pada September 2011. "Kelurahan Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangan pertama dicangkan berdinya koperasi," katanya.

Dia menambahkan, koperasi yang ada didirikan setiap kelurahan yang ada di Kota Padang, minimal berdiri dua hingga unit saja.

"Adanya koperasi setiap kelurahan yang ada tersebut dapat membangkitkan kembali perekonomian di Kota Padang," tambah Fauzi.

Koperasi ini nantinya menyediakan semua perlengkapan sekolah. Sehingga ketika masuk tahun ajaran baru para orang tua tidak kerepotan memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya.

Dia mengatakan, koperasi rencanya mau didirikan setiap kelurahan di Kota Padang dengan konsep berbasis masjid. Anggota koperasi haruslah jamaah masjid tempat koperasi berada. "Kartu anggota bisa didapat kalau dia satu hari shalat jemaah ke mesjid. Kalau yang bertransaksi di koperasi itu boleh siapa saja, tetapi yang menjadi anggota koperasi wajib jemaah dari mesjid," jelas Fauzi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement