Ahad 10 Jul 2022 21:55 WIB

WNI di Austria Rayakan Idul Qurban

Idul Adha 1443 di Wina kali ini masih dibayangi potensi gelombang baru omikron.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim melaksanakan sholat di masjid di Wina, Austria.
Foto:

Pada Jumat (8/7/2022), angka positif per hari Austria berada pada angka 11.362 kasus, yang meningkat dari hari yang sama di pekan sebelumnya yaitu sebesar 9.869 kasus yang merupakan peningkatan 15 persen. Namun angka rata-rata penggunaan fasilitas gawat darurat (bed occupancy rate) yang konstan rendah di angka 3 persen memberikan harapan yang baik.

"Beberapa kiat yang dilakukan KBRI/PTRI Wina dan masyarakat Indonesia guna menyiasati Covid dan mengamankan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H antara lain dengan membatasi jumlah peserta, keharusan mendaftar individual secara daring untuk mendapatkan konfirmasi kehadiran, memiliki hasil tes PCR negatif yang berlaku dan memeriksa suhu tubuh untuk memasuki area kegiatan," kata Damos. 

Selain itu WNI wajib menggunakan masker saat sholat, menyediakan disinfektan di tempat strategis, membawa sajadah pribadi, melakukan wudhu di rumah masing-masing, serta tidak menyelenggarakan kegiatan makan-makan bersama yang menyebabkan kerumunan di ruang tertutup.

Dengan menciptakan bubble kegiatan yang dimonitor ketat secara bersama oleh KBRI/PTRI Wina dan unsur masyarakat terkait, kegiatan berhasil diselenggarakan dengan sukses tanpa mengurangi kekhidmatan dan arti penting Idul Qurban 1443 H bagi WNI dan Diaspora muslim Indonesia di Austria dan Slovenia.

Monitoring kontak erat akan terus dilakukan untuk satu minggu ke depan melalui data yang terkumpul dari sistem pendaftaran online yang digunakan. "Niat ibadah kita tulus, mengharapkan ridho Allah SWT, dengan tetap berikhtiar untuk saling jaga dalam menghadapi gelombang pandemi yang sedang merangkak naik kembali ini," Ketua Harian Wapena Kabul Kurniawan. 

Sementara dalam khutbah khotib Idul Adha 1443 H, Dr. H. Muhammad Hadid Subki profesional dari PBB/IAEA di Wina menyampaikan bahwa ibadah qurban memberikan pesan kepada umat Islam tentang pentingnya solidaritas, empati, dan hormat kepada orang lain, serta menyembelih ego pribadi untuk kepentingan bersama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement