Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Masjid dan Gereja di North West Sediakan Tempat Berlindung dari Panas Ekstrem

Selasa 19 Jul 2022 06:30 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Cuaca ekstrem (ilustrasi)

Cuaca ekstrem (ilustrasi)

Foto: Antara/Umarul Faruq
Saat ini, Inggris tengah bersiap menghadapi suhu ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, LONGSIGHT -- Gereja dan masjid di Barat Laut, Inggris, membuka pintu mereka bagi masyarakat sekitar di tengah cuaca panas yang ekstrem. Rumah ibadah ini berupaya menyediakan tempat perlindungan yang sejuk bagi orang-orang, untuk menghindari gelombang panas.

Saat ini, Inggris tengah bersiap menghadapi suhu ekstrem. Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengeluarkan peringatan kesehatan panas level 4, sementara Met Office mengeluarkan peringatan panas ekstrem merah pertamanya. Kedua peringatan tersebut berlaku mulai Senin (18/7/2022) kemarin hingga Rabu, 20 Juli 2022.

Baca Juga

Gereja St Mary di Worsley memanfaatkan tempat ibadahnya yang biasanya dingin, untuk keuntungan mereka. Pengurus gereja menawarkan orang-orang dari agama apa pun kesempatan untuk bersantai di sana.

"Jika gereja Anda terbuka, pergilah ke sana. Karena bangunan dengan langit-langit tinggi dan dinding tebal ini tetap sejuk," kata salah satu masyarakat, dikutip di ITV, Selasa (19/7/2022).

Sementara itu, Masjid Makki Masjid di Longsight, Manchester, juga menyambut orang-orang ke dalam ruang ber-AC mereka untuk beristirahat dari panas. Mereka juga menawarkan air minum kemasan gratis pada Senin dan Selasa, dari jam 1 siang sampai jam 10 malam di area khusus shalat pria dan wanita, untuk menikmati waktu jauh dari suhu yang terik.

"Menjadi salah satu pusat komunitas kami di sini, kami melihatnya sebagai tanggung jawab untuk menjaga tetangga. Islam mendorong, menekankan dan menempatkan pentingnya menjaga tetangga, terutama di masa-masa sulit seperti itu," kata seorang juru bicara masjid.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile