Rabu 17 Aug 2022 10:58 WIB

Abbas Gunakan Istilah 'Holocaust' Terkait Kekejaman Israel, Kanselir Jerman Menyeringai

Abbas menyebut Israel melakukan '50 Holocaust' terhadap rakyat Palestina.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
 Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) mengadakan konferensi pers bersama dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) di Berlin, Jerman, 16 Agustus 2022.
Foto: EPA-EFE/ CLEMENS BILAN
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) mengadakan konferensi pers bersama dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) di Berlin, Jerman, 16 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Olaf Scholz tak sontak memprotes Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang menggunakan istilah "holocaust" untuk menggambarkan kekejaman Israel terhadap rakyatnya. Dalam pernyataannya pada Selasa (16/8/2022), Abbas menyebut Israel telah melakukan "50 Holocaust" terhadap warga Palestina selama bertahun-tahun.

Saat itu, Scholz hanya menyeringai ketika mendengar Abbas yang berdiri di sampingnya mengungkapkan kata "holocaust". Namun, dalam sebuah pernyataan kepada harian Jerman Bild, ia kemudian mengkritik pilihan kata Abbas.

Baca Juga

Scholz mengatakan, meremehkan kengerian Holocaust adalah tindakan yang tidak dapat diterima. Anggota parlemen Jerman yang konservatif Armin Laschet juga menyatakan kemarahan atas komentar Abbas.

"Pemimpin (Palestina) akan mendapat simpati jika dia meminta maaf atas serangan teroris terhadap atlet Israel di Olimpiade Muenchen 1972," tulisnya di Twitter.

"Menuduh Israel melakukan '50 Holocausts' adalah pidato paling memuakkan yang pernah terdengar oleh kekanseliran Jerman," kata Laschet.

Dalam kunjungannya ke Berlin, Abbas mendapatkan desakan untuk meminta maaf atas serangan mematikan oleh militan Palestina terhadap atlet Israel di Olimpiade Muenchen setengah abad yang lalu.  Sebanyak 11 atlet Israel dan seorang perwira polisi Jerman meninggal dunia setelah anggota kelompok militan Palestina Black September menyandera di Olympic Village pada 5 September 1972.

Pada saat serangan, kelompok itu terkait Fatah, partai yang kini diwakili Abbas. Saat ditanya apakah dia sebagai pemimpin Palestina berencana meminta maaf kepada Israel dan Jerman atas serangan tersebut menjelang peringatan 50 tahun bulan depan, Abbas menjawab dengan membandingkannya dengan kekejaman yang dilakukan oleh Israel sejak 1947 terhadap rakyatnya.

"Jika kita ingin mengungkit masa lalu, silakan saja. Saya (Palestina) mengalami 50 pembantaian yang dilakukan Israel," kata Abbas  setelah pertemuan dengan Scholz di Berlin.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِعْلَمُوْٓا اَنَّمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ وَّزِيْنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى الْاَمْوَالِ وَالْاَوْلَادِۗ كَمَثَلِ غَيْثٍ اَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطَامًاۗ وَفِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيْدٌۙ وَّمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانٌ ۗوَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

(QS. Al-Hadid ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement