Kamis 15 Sep 2022 20:25 WIB

Pengadilan Varansi Izinkan Umat Hindu Ibadah di Masjid Gyanvapi

Komite Masjid Gyanvapi mengatakan akan mengajukan banding ke pengadilan tinggi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Gyanvapi di Varanasi, Uttar Pradesh, India. Pengadilan Varansi Izinkan Umat Hindu Ibadah di Masjid Gyanvapi
Foto:

Kasus pengadilan serupa yang melibatkan masjid dan bangunan Islam lainnya terjadi di berbagai tempat di seluruh India. Secara bertahap, kasus-kasus untuk hak-hak Hindu akan dibuat dan kemudian semuanya akan dirampas pada saat yang tepat di masa depan, seperti yang terjadi dengan Masjid Babri. T

idak ada hukum dan komitmen yang sekarang sakral di India. Semuanya atas kehendak manis orang-orang fanatik yang berjalan kasar di bawah panji Hindutva," tambah Khan, merujuk pada gerakan Hindu sayap kanan India.

Profesor Hindi Apoorvanand dari Universitas Delhi mengatakan perintah pengadilan Senin telah menciptakan pertaruhan Hindu di Masjid Gyanvapi.

"Perintah pengadilan telah memulai proses pembongkaran UU Tempat Ibadah. Para pemimpin jaringan Hindutva telah mulai mengancam tindakan terhadap masjid-masjid lain di India. Ini memperjelas bahwa perintah ini adalah tindakan tidak bertanggung jawab yudisial yang sebenarnya didorong oleh Mahkamah Agung India, mendorong negara itu ke dalam putaran ketidakpastian lagi dan kekerasan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement