Kamis 03 Nov 2022 17:50 WIB

Rahasia Alam Barzakh dan Mengapa Rasulullah SAW Mampu Mendengar Siksa di Dalamnya?

Alam Barzakh merupakan di antara sekian rahasia Allah SWT untuk hamba-Nya.

Ilustrasi ziarah makam sebagai gerbang ke alam barzakh. Alam Barzakh merupakan di antara sekian rahasia Allah SWT untuk hamba-Nya
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Ilustrasi ziarah makam sebagai gerbang ke alam barzakh. Alam Barzakh merupakan di antara sekian rahasia Allah SWT untuk hamba-Nya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Alam barzakh dapat didefinisikan ke dalam berbagai perspektif. Pandangan para teolog, termasuk ahli fikih, mengartikan kata ini sebagai sebuah tempat transit setelah seseorang meninggal dunia.

Pada saatnya mereka akan dibangkitkan lagi di dalam sebuah alam baru yang diistilahkan di dalam Alquran dengan beberapa nama, seperti hari akhirat (al-yaum al-akhir) terulang penyebutannya 20 kali dan hari kebangkitan kembali (yaum al-qiyamah) setelah ditiup trompet sangkakala kedua yang penyebutannya terulang 70 kali. 

Baca Juga

Selain itu pula ada hari rekapitulasi amal-amal anak manusia di dunia (yaum al-hisab) penyebutannya terulang lima kali, hari pembalasan (yaum al-din), hari kehancuran semua makhluk (yaum as-sa'ah) yang disebutkan 34 kali, dan hari kiamat (yaum al-mi'ad) yang terulang sekali. 

Alam barzakh berasal dari bahasa Arab, dari akar kata baraza-yabrizu, berarti 'pergi', 'keluar ke tanah lapang', kemudian membentuk kata barzakh, berarti dinding atau pemisah antara dua sesuatu (al-hajiz bain al-syaiain). 

Dari sinilah kata barzakh sering diartikan sebagai antara dunia dan akhirat, dari waktu kematian sampai hari kebangkitan.

Barang siapa yang meninggal berarti memasuki alam barzakh. Barzakh juga sering diartikan sebagai antara awal dan akhir (pertengahan), antara ragu dan yakin (ma bain al-syak wa al-yaqin). 

Ibn 'Arabi (w 1240 M) memberi pengertian lebih mendalam mengenai hakikat alam barzakh, yakni sebuah keadaan yang kompleks antara sesuatu yang diketahui dengan jelas dan sesuatu yang tak terketahui, antara yang ada dan yang tidak ada, antara yang ditiadakan dan yang diadakan, antara yang dapat diindra dan yang tak dapat diindra. 

Baca juga: Ritual Sholat Memukau Mualaf Iin Anita dan Penantian 7 Tahun Hidayah Akhirnya Terjawab 

Tidak ada suatu tempat di antara banyak tempat, tiada suatu keadaan di antara berbagai keadaan, tiada suatu keberadaan di antara berbagai keberadaan, tiada suatu jenis di antara berbagai jenis.

Termasuk juga alam barzakh antara al-Haq (Allah) dan makhluknya atau antara Allah SWT dan alam. 

Dalam hadits pun banyak riwayat menceritakan pemandangan alam barzakh dapat diakses melalui mimpi atau pandangan mukasyafah.

Ontologi alam barzakh ialah dunia kehidupan anak manusia yang dikumpulkan ke dalam wilayah atau benua lain supaya mereka tidak terkontaminasi kehidupan-kehidupan dunia syahadah.   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-A'raf ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement