Rabu 07 Dec 2022 14:19 WIB

Unpas Siap Berkolaborasi dengan Dunia Usaha Wujudkan Kampus Entrepreneur

Unpas menuju kampus pencetak pengusaha muda atau entrepreneur university. .

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
...
Foto: Istimewa
Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU melantik salah satu wisudawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pasundan (Unpas) Rektor Universitas Pasundan Prof Eddy Jusuf melantik sebanyak 1.908 wisudawan pada Wisuda Gelombang I TA 2022/2023 yang digelar di Harris Hotel & Convention, Festival Citylink, Selasa-Rabu, 6-7 Desember 2022.

Berbeda dengan gelombang sebelumnya, wisuda kali ini dihadiri dua orang pendamping dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi 1 (Pascasarjana, FEB) dan sesi 2 (FISIP, FT) di hari pertama, sedangkan sesi 3 (FH, FKIP, FISS) di hari kedua.

Menurut Prof Eddy, Unpas kini tengah bersiap diri menuju kampus pencetak pengusaha muda atau entrepreneur university. Untuk mewujudkannya, dalam menuju kampus entrepreneur university, Unpas tetap berpegangan pada nilai-nilai kasundaan dan keislaman.

"Visi kita sekarang adalah menjadi komunitas yang mendapat  pengakuan internasional yang mengusung nilai kesundaan dan keislaman yang berbasis entrepreneur dan teknologi di tahun 2037," ujar Eddy.

Eddy menilai, untuk menuju entrepreneur university, Unpas memerlukan proses waktu dan latihan yang dimulai dari program studi, kurikulum dan penunjang lainya. 

Selain itu, kata dia, dalam mendukung entrepreneur university pihaknya juga mengadakan program kolaborasi dengan berbagai pihak.

Bahkan, kata Eddy, pihaknya siap mendatangakan praktisi untuk memberikan arahan serta masukan kesiapan entrepreneur university berjalan dengan yang diharapkan.

"Kemudian, kita berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri (DUDI) dan tentu pembekalan pembekalan ini harus tetap relevan untuk 4 tahun ke depan," katanya

Berkenaan dengan peningkatan SDM khususnya dosen, kata Eddy, pihaknya telah memiliki lembaga sertifikasi profesi yang sudah diakui oleh badan nasional profesi (BNN).

"Kita sudah memiliki sertifikasi. Saat ini sekitar 1.300-an. Setiap program studi punya kompetensi," katanya

Saat ini, kata dia, lulusan Unpas sudah mencapai sekitar 73 ribu orang yang tersebar di seluruh indonesia. Namun, Eddy mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah yang sudah diterima di dunia kerja.

Alumni sudah mencapai 73 ribu. Tentu kami sedang studi data-data dari mereka yang ada di Wakil Rektor 3 dari berbagai program studi," katanya.

Sementara menurut Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar-Banten Dr M Samsuri MT, pihaknya mengapresiasi capaian Unpas. Karena, seluruh wisudawan telah tercatat di PDDIKTI dan mendapat penomoran ijazah nasional.

Samsuri menitipkan, pesan agar lulusan Unpas bisa menjaga dan mendorong Unpas sebagai perguruan tinggi terbaik di wilayah Jabar-Banten. 

“Iringi gelar yang anda peroleh dengan integritas, karena itu akan menjadikan anda dipercaya masyarakat. Bersungguh-sungguh, jujur, dan tetap berpegang pada restu orang tua dalam menapaki karier, karena itu yang menjadi kunci kesuksesan anda,” katanya.

Wisuda Unpas Gelombang I TA 2022/2023 diikuti 43 wisudawan program doktor, program magister 180 orang, Fakultas Hukum 178 orang, FISIP 453 orang, Fakultas Teknik 292 orang, FEB 337 orang, FKIP 338 orang, dan FISS 87 orang. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement