Kamis 15 Dec 2022 05:09 WIB

Bolehkah Mengumandangkan Adzan Saat Pindah ke Rumah Baru?

Adzan adalah salah satu bentuk dzikir atau cara untuk mengingat Allah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Mengumandangkan Adzan Saat Pindah ke Rumah Baru?
Foto: Wikimedia
Bolehkah Mengumandangkan Adzan Saat Pindah ke Rumah Baru?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam memasuki rumah baru, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Dosen senior dan cendekiawan Islam di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada, Sheikh Ahmad Kutty menyatakan langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengumandangkan adzan.

"Karena adzan adalah salah satu bentuk dzikir, maka tidak mengapa jika seseorang mengumandangkan adzan sebelum menetap di sebuah rumah, jika niatnya hanya untuk mengusir setan," ucap dia dikutip di About Islam, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga

Ia menyebut adzan adalah salah satu bentuk dzikir atau cara untuk mengingat Allah. Nabi Muhammad SAW juga pernah mengatakan adzan berguna untuk mengusir setan, sambil menimbulkan tanggapan positif dari roh yang baik.

Di sisi lain, idealnya lebih baik mengumpulkan anggota keluarga sendiri dan melakukan sholat sunnah dua rakaat, sebagai bentuk bersyukur kepada Allah atas nikmat-Nya, serta membaca sebagian Alquran. Membaca Surat Al Baqarah di rumah sangat dianjurkan karena Nabi Muhammad SAW berkata, "Setan melarikan diri dari rumah di mana Surat Al Baqarah dibacakan."