Rabu 14 Dec 2022 21:21 WIB

Di Hadapan Mahasiswa Aceh, Kepala BNPT Jelaskan Jihad yang Disalahpahami   

Kepala BNPT mengajak mahasiswa Aceh untuk tak salahpahami makna jihad

Red: Nashih Nashrullah
 Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, mengajak mahasiswa Aceh untuk tak salahpahami makna jihad
Foto: Dok Istimewa
Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, mengajak mahasiswa Aceh untuk tak salahpahami makna jihad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH— Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) mengajak mahasiswa untuk mewaspadai ideologi radikal. Ideologi ini seringkali menyalahgunakan narasi agama untuk melakukan kekerasan. 

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, menyatakan hal tersebut saat acara Dialog Kebangsaan di AAC Dayan Dawood, Universitas Syiah Kuala, Aceh pada Rabu (14/12/2022). 

Baca Juga

Dialog diikuti Forkopminda Aceh, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh, serta Civitas Academica Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. 

"Tindakan kelompok radikal sangat tidak Islami tetapi menggunakan narasi-narasi agama,” kata Boy. 

Karakter kelompok radikal ini adalah intoleran, radikal eksklusif, anti kepada kemanusiaan, dan menggunakan kekerasan ekstrem. 

Boy mencontohkan seruan jihad yang disalahgunakan kelompok radikal. Mereka menggunakan jihad untuk membenci dan memusuhi bangsanya sendiri. 

”Sangat berbeda dengan jihad fissabilillah yang dikumandangkan para pahlawan, khususnya para pejuang dari Aceh yang membela kepentingan bangsa,” terang jenderal polisi bintang tiga ini. 

Boy mengungkapkan kelompok radikal saat ini menggunakan media digital untuk menyebarkan pengaruhnya. 

Ini karena di Indonesia terdapat 204 juta pengguna internet. Dari jumlah tersebut, sekitar 179 juta menggunakan sosial media dan 60 persen di antaranya adalah generasi muda.  

Karena itu Boy menyatakan perlunya ketahanan seluruh elemen bangsa dalam menangkal paham intoleransi, radikalisme dan terorisme  khususnya kepada generasi muda.  

"Dengan kegiatan ini akan membuat ruang sempit ideologi terorisme masuk ke dalam sistem kehidupan masyarakat. Apabila karakter ini dapat dikembangkan dengan baik tentu estefat kepemimpinan dapat menjamin keberlangsungan dari kehidupan bangsa ini," tambah Kepala BNPT RI.   

Boy juga mengajak mahasiswa untuk memahami dan menghayati sejarah perjuangan para pahlawan dalam memperkuat jati diri sebuah bangsa. 

"Menghayati sejarah bukan hanya memahami penjelasan masa lalu yang pernah terjadi dan fakta yang pernah ada, tetapi lebih jauh dari itu. Sejarah merupakan spirit penentu masa depan yang lebih baik dan gemilang," jelas mantan Kepala Divisi Humas Polri. 

Sementara itu  Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh, Prof  Marwan, menuturkan bahwa Dialog Kebangsaan yang dilakukan BNPT memberikan dampak positif.  Seluruh civitas akademica yang hadir teredukasi dalam mencegah penyebaran paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme. 

"Kita tentu semuanya sepakat bahwa terorisme adalah musuh kita bersama.  Bangsa akan sulit untuk tumbuh dan melanjutkan pembangunannya jika radikalisme dan ancaman terorisme terus menggerogoti keutuhan bangsa kita," jelas Marwan. 

Prof Marwan menegaskan bahwa pencegahan dari pengaruh terorisme menjadi tanggung jawab bersama. Universitas Syiah Kuala sendiri akan terus menggunakan lingkungan perkuliahan untuk edukasi pencegahan dari pengaruh radikal teroris.      

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

(QS. At-Taubah ayat 36)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement