Senin 16 Jan 2023 18:56 WIB

Apa Saja dan kepada Siapa Perempuan Boleh Perlihatkan Aurat Mereka?   

Islam mengajarkan perempuan untuk menutupi aurat mereka

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah. Islam mengajarkan perempuan untuk menutupi aurat mereka
Foto: Pixabay
Ilustrasi Muslimah. Islam mengajarkan perempuan untuk menutupi aurat mereka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam ajaran Islam, tidak hanya laki-laki yang diminta menjaga pandangan dan kemaluannya. Kaum perempuan juga diminta menjaga pandangan dan kemaluannya. 

Alquran dalam Surat An-Nur ayat 31 mengingatkan perempuan agar menjaga pandangan dan kemaluannya. 

Baca Juga

وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ 

“Katakanlah kepada para perempuan yang beriman hendaklah mereka menjaga pandangannya, memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (bagian tubuhnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya.

Hendaklah pula mereka tidak menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, ayah mereka, ayah suami mereka, putra-putra mereka, putra-putra suami mereka, saudara-saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara perempuan mereka, para perempuan (sesama muslim), hamba sahaya yang mereka miliki, para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan.

Hendaklah pula mereka tidak mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung. (QS An-Nur: 31)

Pada ayat ini, menurut Tafsir Kementerian Agama, Allah SWT menyuruh Rasul-Nya agar mengingatkan perempuan-perempuan yang beriman supaya mereka tidak memandang hal-hal yang tidak halal bagi mereka, seperti aurat laki-laki ataupun perempuan. Terutama antara pusat dan lutut bagi laki-laki dan seluruh tubuh bagi perempuan.

Baca juga: Kisah Pembantaian Brutal 20 Ribu Muslim Era Ottoman Oleh Pemberontak Yunani  

Mereka juga diperintahkan untuk memelihara kemaluannya (farji) agar tidak jatuh ke lembah perzinaan atau terlihat oleh orang lain. 

Para perempuan juga diharuskan untuk menutup kepala dan dadanya dengan kerudung, agar tidak terlihat rambut, leher, dan dadanya. 

Sebab kebiasaan perempuan menutup kepalanya namun kerudungnya diuntaikan ke belakang sehingga tampak leher dan sebagian dadanya, sebagaimana yang dilakukan oleh perempuan-perempuan jahiliyah. 

Di samping itu, perempuan dilarang untuk menampakkan perhiasannya kepada orang lain, kecuali yang tidak dapat disembunyikan seperti cincin, celak/ sifat, pacar/ inai, dan sebagainya.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement