Rabu 10 May 2023 18:22 WIB

Kementerian Kesehatan Malaysia Nyatakan Indomie Ayam Spesial Aman Dikonsumsi

Indomie Rasa Ayam Spesial di Malaysia sebelumnya ditemukan mengandung etilen oksida.

Red: Reiny Dwinanda
Indomie rasa ayam spesial. Varian mi instan Indomie produksi Indofood di Indonesia ini ditemukan mengandung karsinogen pada bumbunya oleh Departemen Kesehatan Taipe, Taiwan. Malaysia kemudian juga melarang peredarannya.
Foto:

Untuk makanan yang diimpor, menurut Dirjen, KKM melaksanakan enam tahap pemeriksaan di pintu masuk berdasarkan tingkat risiko. Pada pemeriksaan tahap lima, yaitu tahan, uji, dan lepas (TUL),  produk makanan yang masuk ke Malaysia akan ditahan dan dianalisis terlebih dulu.

photo
Zat Pemicu Kanker pada Indomie di Taiwan - (Focus Taiwan)

Hanya produk makanan yang mematuhi standar yang boleh diedarkan. Sementara itu untuk periode 2022 hingga April 2023, diungkapkan bahwa sebanyak 317 pengambilan sampel untuk tujuan TUL telah dilakukan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 37 sampel atau 11,67 persen merupakan pengambilan sampel untuk produk instan dari berbagai merek untuk parameter Etilen oksida. KKM menegaskan bahwa produk yang ada di pasar lokal telah melalui prosedur yang ditetapkan dan aman.

Sementara itu, otoritas kesehatan Kota Taipei, Taiwan, juga melakukan pelarangan terhadap dua mi instan itu pada 24 April 2023. Keberadaan EtO dalam bumbu mi instan menjadi persoalannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement