Jumat 12 May 2023 07:13 WIB

Deretan Kejutan dari Ajang Google I/O 2023

Google mengumumkan jajaran Pixel hingga kemajuan lewat kecerdasan buatan.

CEO Google Sundar Pichai mengungkap kejutan besar dalam konferensi Google I/O 2023.
Foto: NBCNews
CEO Google Sundar Pichai mengungkap kejutan besar dalam konferensi Google I/O 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google mengadakan konferensi I/O 2023 dengan mengumumkan beberapa pembaruan yang cukup signifikan. Hal itu termasuk soal jajaran Pixel hingga memamerkan kemajuan terbarunya dalam kecerdasan buatan (AI).

Berikut setidaknya sembilan kejutan besar Google dalam konferensi tahunan tersebut, seperti dikutip dari The Verge:

Baca Juga

 

1.Tiga tambahan pada jajaran Pixel

Perangkat keras Pixel Google menjadi pusat perhatian selama keynote, saat perusahaan meluncurkan tiga produk baru, yaitu Pixel Fold, Tablet Pixel, dan Pixel 7A yang ramah anggaran.

Google juga memperbarui jajaran A-series kelas menengahnya dengan penambahan Pixel 7A. Sama seperti Pixel Fold dan Pixel Tablet, perangkat ini memiliki chip Tensor G2 Google, bersama dengan layar 1080p 6,1 inci yang dapat berjalan hingga 90Hz.

 

2. Google Search dapat snapshot bertenaga AI

Melalui fitur baru bernama Search Generative Experience (SGE), pengguna akan mulai melihat jawaban yang didukung AI di bagian paling atas hasil pencarian untuk beberapa pertanyaan. Itu dapat memberikan lebih banyak konteks untuk pencarian. Pengguna kemudian dapat mempersempit informasi dalam snapshot dengan pertanyaan lanjutan.

 

3. Bard sekarang tersedia untuk semua orang

Google telah mengumumkan bahwa chatbot bertenaga AI-nya sekarang tersedia untuk semua orang, terlepas dari pengguna yang ada di daftar tunggu. Perusahaan juga menambahkan sejumlah fitur baru, seperti dukungan untuk bahasa Jepang dan Korea dengan cara yang lebih mudah untuk mengekspor teks yang dihasilkan ke Google Docs dan Gmail.

 

4. Android mendapatkan opsi kustomisasi bertenaga AI

Bukan hanya untuk Google Search, fitur baru bertenaga AI juga dibawa ke Android. Salah satu fitur ini, yang disebut Magic Compose, akan ada di dalam aplikasi Pesan Android dan memberi kemampuan untuk membalas teks menggunakan tanggapan yang disarankan oleh AI.

 

5. Wear OS 4 baru

Meskipun Wear OS 3 belum diluncurkan sepenuhnya, Google sudah bersiap-siap untuk Wear OS 4. Google mengumumkan bahwa OS yang diperbarui akan hadir dengan masa pakai baterai lebih baik. Itu akan menjadi cara bagi pengguna untuk mencadangkan dan memulihkan jam tangan mereka dengan fitur aksesibilitas baru. Selain itu, Wear OS 4 mendapatkan integrasi rumah pintar.

 

6. Pembaruan aplikasi Google Home

Aplikasi Google Home yang didesain ulang tidak lagi dalam pratinjau publik khusus undangan dan akan tersedia untuk semua orang mulai 11 Mei. Aplikasi yang dirombak hadir dengan beberapa peningkatan besar, termasuk antarmuka kamera yang lebih baik, tab Favorit baru, dan dukungan untuk banyak jenis perangkat baru.

 

7. Fitur Perspektif baru Google Search

Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban dari manusia sebenarnya. Google meluncurkan fitur Perspektif baru yang memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban dari Reddit, Stack Overflow, YouTube, blog pribadi, dan situs lainnya.

 

8. Google Photos Punya Magic Editor bertenaga AI

Google Photos mendapatkan fitur pengeditan bertenaga AI baru yang memungkinkan untuk melakukan pengeditan cukup signifikan pada foto. Hal itu seperti menyempurnakan langit, memindahkan seseorang atau objek, dan menyingkirkan orang pada latar belakang. Fitur itu mulai bisa digunakan pengguna Pixel akhir tahun ini.

 

9. Duet AI untuk Workspace

Selama keynote I/O, Google juga mengumumkan nama baru untuk rangkaian AI yang dibawanya ke Docs, Spreadsheet, Slide, Meet, dan Gmail: Duet AI. Meskipun fitur Ruang Kerja ini memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti menulis email atau membuat gambar dari teks di Slide, fitur tersebut saat ini hanya tersedia bagi mereka yang mendaftar ke daftar tunggu.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement