Kamis 18 May 2023 23:14 WIB

Muncul Tren Watertok di Tiktok, Apa Itu? Ahli Gizi: Pengaruh Buruk

Tak sedikit pengguna Tiktok minum air putih hasil racikan Watertok.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Segelas air minum (ilustrasi). Di Tiktok, ada tren Watertok yang menurut ahli gizi sebaiknya tidak diikuti.
Foto: Pixabay
Segelas air minum (ilustrasi). Di Tiktok, ada tren Watertok yang menurut ahli gizi sebaiknya tidak diikuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini, platform media sosial Tiktok dipenuhi dengan video bertagar WaterTok. Beragam video ini menampilkan trik-trik untuk meracik air putih agar menjadi minuman yang lebih menarik dan tak membosankan.

Meski sebagian orang mengeklaim tren ini dapat membantu rehidrasi tubuh, ahli gizi memiliki pendapat yang berbeda. Secara umum, tren WaterTok atau Water of the Day berisikan "resep" untuk mengolah air putih. Salah satu perangkat yang umum digunakan untuk membuat resep ini adalah gelas stainless steel berukuran sekitar 1,2 liter.

Baca Juga

Gelas besar tersebut lalu diisi dengan es batu dan air putih hingga hampir penuh. Langkah selanjutnya, air es tersebut akan dicampurkan dengan perisa bubuk dan juga sirup tanpa gula dengan varian rasa yang sangat beragam. Beberapa varian rasa yang populer adalah rasa kue ulang tahun, kue stroberi, dan buah tropis.

Racikan ini akan menghasilkan minuman yang manis dengan beragam warna menarik. Rasa manis ini umumnya datang dari pemanis buatan yang tak memiliki kandungan kalori. Karena tak mengandung gula dan minim kalori, banyak orang mengeklaim minuman racikan yang manis dan penuh warna ini sebagai air putih.