Ahad 25 Jun 2023 08:31 WIB

Kapal Selam Titan Meledak, Kepolisian Kanada Lakukan Investigasi Kriminal?

Kapal selam OceanGate Expedition yang membawa lima orang meledak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kapal selam wisata yang membawa lima turis untuk melihat bangkai kapal Titanic hilang kontak di Atlantik Utara pada Ahad (18/6/2023).
Foto: OceanGate Expeditions via AP, File
Kapal selam wisata yang membawa lima turis untuk melihat bangkai kapal Titanic hilang kontak di Atlantik Utara pada Ahad (18/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Angkatan Kepolisian Kerajaan Kanada (RCMP) sedang menyelidiki situasi yang melingkupi pelayaran kapal selam Titan milik OceanGate Expedition untuk menentukan kemungkinan diperlukannya investigasi kriminal. Inspektur RCMP Kent Osmond mengatakan bahwa sebuah tim penyelidik telah dibentuk untuk memutuskan apakah investigasi kriminal akan dilanjutkan.

"Penyelidikan semacam itu akan dilanjutkan hanya jika pemeriksaan kami terhadap situasi mengindikasikan adanya pelanggaran hukum pidana, federal, atau provinsi," kata Osmond, seperti dikutip dari Fox News, Ahad (25/6/2023).

Baca Juga

Pengumuman ini muncul dua hari setelah tim penyelamat menemukan pecahan badan kapal selam dalam pencarian kapal selam Titan milik OceanGate yang hilang. Kapal selam yang membawa lima orang miliuner itu bertujuan untuk berwisata melihat bangkai kapal Titanic.

photo
Fakta mengenai kapal selam Titan yang menjelajahi reruntuhan Titanic. - (Republika)

Penjaga Pantai AS mengonfirmasi bahwa kapal selam tersebut telah mengalami ledakan fatal. Penjaga Pantai AS (USCG) memimpin misi pencarian dan penyelamatan, yang merupakan upaya internasional besar-besaran dan kemungkinan menelan biaya jutaan dolar.

Dewan Keselamatan Transportasi Kanada mengatakan pada Jumat (23/6/2023) bahwa mereka akan menyelidiki insiden kapal selam tersebut. Kapal selam Titan hilang kontak di Atlantik Utara pada Ahad (18/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement