Kamis 06 Jul 2023 23:25 WIB

ASEAN-BAC: Transformasi Digital Tingkatkan Daya Saing Kawasan

Transformasi digital buat bisnis tangkas dan cerdas menyesuaikan kebutuhan pasar.

Red: Fuji Pratiwi
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid
Foto: Istimewa
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menekankan pentingnya transformasi digital dalam perkembangan bisnis dan usaha di kawasan ASEAN, utamanya untuk meningkatkan daya saing kawasan tersebut di pasar global.

"Dengan mengadopsi transformasi digital, bisnis di kawasan ASEAN dapat meningkatkan daya saing di pasar global, membuka peluang pasar baru, meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," kata Arsjad dalam keterangan di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu menekankan bahwa Revolusi Industri 4.0 yang dipenuhi oleh teknologi digital dan otomatisasi dapat memajukan industri. Indonesia pun diproyeksikan menjadi pemimpin dalam adopsi artificial intelligence (AI) di kawasan ASEAN. Bisnis AI juga diklaim memiliki potensi besar di kawasan ASEAN, mengingat ASEAN merupakan ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia saat ini.

Menurut International Federation of Robotics (IFR), ada 517 ribu unit robot industri baru yang dipasang di seluruh dunia, yang mana 74 persen instalasi tersebut dilakukan di keseluruhan kawasan Asia. Di sisi lain, World Economic Forum (WEF) juga mengungkapkan bahwa transformasi digital tidak hanya dapat membuat bisnis menjadi lebih efisien dan menguntungkan, tetapi juga lebih tangkas dan cerdas, menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan kondisi pasar yang terus berubah.

"Berbagai perusahaan yang telah mengadopsi teknologi digital, otomatisasi, hingga AI perlu untuk mendapatkan apresiasi, terutama di kawasan ASEAN. Efektivitas dan efisiensi yang diciptakan dari proses bisnis mereka, mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan," kata Arsjad.

Untuk terus mendorong peningkatan transformasi digital di kawasan, ASEAN-BAC melalui ASEAN Business Awards (ABA) 2023 akan memberi penghargaan pada perusahaan hingga UMKM yang telah melakukan transformasi digital dan menunjukkan kesuksesan luar biasa di bidangnya masing-masing. ASEAN Business Awards 2023 akan memberi perhatian dan penghargaan kepada kemajuan yang diciptakan oleh perusahaan-perusahaan ASEAN di berbagai industri dan mengakui peran mereka dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan.

 

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement