Jumat 07 Jul 2023 09:05 WIB

Manfaat Jalan Kaki Lima Menit: Pembakaran Lemak Perut Bisa Lebih Optimal

Lemak visceral juga dapat meningkat ketika orang dilanda stres.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan kaki setelah makan dapat kurangi tingkat stres dan ujungnya bisa hindari tingginya kadar lemak visceral.
Foto: www.freepik.com.
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan kaki setelah makan dapat kurangi tingkat stres dan ujungnya bisa hindari tingginya kadar lemak visceral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemak visceral adalah jenis lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Terletak jauh di dalam perut, lemak ini diperlukan untuk melindungi dan mengisolasi organ tubuh. Namun, terlalu banyak lemak visceral telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Untuk mengurangi kadar lemak visceral dalam tubuh, personal trainer dan influencer kebugaran Isabella Murray merekomendasikan untuk meluangkan lima menit setiap hari untuk melakukan aktivitas yang dapat meredakan stres. Ini bisa berupa jalan kaki setelah makan malam atau meditasi.

Baca Juga

"Kebiasaan sederhana itu bisa mengurangi tingkat stres yang pada akhirnya bisa menghindari tingginya kadar lemak visceral (lemak perut). Lemak akibat stres itu nyata dan dapat terjadi tanpa memandang jenis kelamin," kata Murray, seperti dilansir laman Express, Jumat (7/7/2023)

Murray menjelaskan hubungan antara stres dan lemak visceral. Glukokortikoid adalah hormon steroid yang diproduksi oleh zona fasciculata dari korteks adrenal (bagian luar kelenjar adrenal), ketika kadarnya meningkat karena stres seperti kortisol, hal ini menyebabkan penyimpanan lemak di perut yang mengarah ke lemak visceral.

"Kadar kortisol yang tinggi juga dapat menyebabkan makan berlebih, dan membuat Anda mengalami surplus kalori. Namun, meskipun Anda tidak makan berlebihan dari kebutuhan kalori, Anda masih dapat meningkatkan lemak visceral melalui stres," kata Murray.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement