Selasa 22 Aug 2023 10:57 WIB

Siapa Lucy Letby Pembunuh Berantai Terproduktif pada Era Modern Inggris?

Banyak bayi yang kondisinya memburuk secara tiba-tiba dan tidak terduga

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Lucy Letby, Pembunuh Berantai Bayi Paling Keji
Foto:

Mengapa Letby Menyerang Bayi?

Polisi mengatakan, belum dapat menemukan motif serangan tersebut. "Sayangnya, saya rasa kita tidak akan pernah tahu kecuali dia memilih untuk memberi tahu kita," kata Detektif Inspektur Paul Hughes yang memimpin penyelidikan.

Hakim James Goss yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap Letby mengatakan, ada kejahatan mendalam yang mendekati sadisme dalam tindakannya. "Bukan bagian dari fungsi saya untuk mencapai kesimpulan tentang alasan atau alasan yang mendasari tindakan Anda. Saya juga tidak bisa karena itu hanya Anda yang tahu," katanya.

"Selama persidangan ini, Anda dengan dingin menolak tanggung jawab atas kesalahan Anda dan berusaha untuk menyalahkan orang lain. Anda tidak menyesal," ujarnya.

Seperti Apa Letby?

Kepala Detektif Inspektur Nicola Evans menggambarkan Letby sebagai abu-abu. "Dia memiliki kehidupan sosial yang sehat, dia memiliki lingkaran teman, dia memiliki orang tua dan hari libur, dan tidak ada yang tidak biasa dalam semua itu, tidak ada sesuatu yang kami temukan yang tidak biasa," ujar wakil petugas investigasi senior.

Apakah Ada Korban Lain?

Polisi mengatakan mereka sedang meninjau karir Letby sebelum periode yang dicakup oleh dakwaan. Dakwaaan ini hanya mencangkup korban yang berada di Rumah Sakit Countess of Chester dan di Rumah Sakit Wanita Liverpool tempat pelaku menghabiskan sebagian masa pelatihannya.

Detektif sedang menyelidiki lebih dari 4.000 pasien yang dirawat di unit neo-natal di dua rumah sakit tersebut dari 2012 hingga 2016. "Hanya kasus-kasus yang dianggap mengkhawatirkan secara medis yang akan diselidiki lebih lanjut," kata Hughes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement