Selasa 05 Sep 2023 00:46 WIB

Perkuat Relasi di Indo-Pasifik, ASEAN Teken MoU dengan IORA dan PIF

ASEAN berkomitmen jaga perdamaian.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Erdy Nasrul
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Foto: EPA-EFE/DITA ALANGKARA
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretariat ASEAN telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Sekretariat Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Pacific Island Forum (PIF). Proses penandatanganan MoU berlangsung di sela-sela perhelatan ASEAN Foreign Ministers Meeting (AMM) yang digelar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (4/9/2023).

“Ini merupakan langkah penting untuk memperkuat hubungan ASEAN dengan negara-negara Samudra Hindia dan Pasifik,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam pidatonya sesaat sebelum prosesi penandatanganan MoU dilaksanakan.

Baca Juga

Retno menjelaskan, negara-negara Samudra Hindia dan Pasifik merupakan bagian tak terpisahkan dari kawasan Indo-Pasifik. “Apa pun yang terjadi di kawasan ini akan berdampak pada kita semua. Oleh karena itu kita harus bahu membahu menjaga perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan,” ucapnya.

Dia mengingatkan, negara-negara di Indo-Pasifik harus bekerja sama guna mencegah kawasan tersebut menjadi arena persaingan antar negara-negara besar. “Kita tidak ingin wilayah kita menjadi perpanjangan medan pertempuran dari konflik di kawasan lain. Ini hanya bisa dilakukan jika kita menganut nilai dan prinsip yang sama: menggunakan paradigma kolaborasi, mengadopsi mentalitas win-win, dan mendorong keterlibatan,” kata Retno.