Rabu 20 Sep 2023 16:30 WIB

Pemicu Lahirnya Pengetahuan Baru

Penyesuaian aturan di dalam PT untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan.

Red: Yusuf Assidiq
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta
Foto: amikom
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta

Oleh : Prof Ema Utami*

 

REPUBLIKA.CO.ID, Pembukaan Program Studi Informatika Program Doktor Universitas Amikom Yogyakarta saat ini masih terus berproses. Tersedianya Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA) memberikan banyak informasi mengenai tahapan yang sudah dan akan dilalui dalam proses pengajuan program studi.

Seiring dengan proses tersebut, Program Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta pada hari Senin, 25 September 2023 merencanakan acara predoctoral bootcamp dengan menyelenggarakan pendampingan penyusunan proposal disertasi bidang Informatika dan Komputer.

Tidak dimungkiri bahwa sejak adanya informasi rencana pembukaan Program Doktor Informatika telah menarik minat alumni Magister Teknik Informatika (MTI) Universitas Amikom Yogyakarta untuk kembali melanjutkan studi. Beberapa alumni baik secara langsung maupun melalui media sosial seperti WhatsApp dan Instagram telah menanyakan informasi mengenai pembukaan Program S3 tersebut.

Acara predoctoral bootcamp sendiri merupakan salah satu mekanisme yang dipersiapkan oleh Program Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta untuk memperkenalkan Program Doktoral tersebut, khususnya bagi alumni MTI yang berada di Yogyakarta.

Studi lanjut, khususnya bagi mereka yang berprofesi sebagai dosen memang sebuah tuntutan yang tidak bisa dihindari. Peningkatan jenjang pendidikan setiap dosen yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi (PT) tentu akan memberikan efek, baik kepada pribadi dosen maupun institusi yang menaunginya.

Pemetaan atau klasterisasi PT yang mulai pada 2023 ini didasarkan dari hasil olahan data, khususnya kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terekam dalam SINTA (Science and Technology Index). Semakin banyak jumlah dosen yang memiliki gelar akademik Doktor tentu diharapkan dapat meningkatkan portofolio diri dosen dan meningkatkan kinerja dari PT nya.

Tidak dimungkiri bahwa melanjutkan studi, khususnya ke jenjang S3 akan memerlukan banyak persiapan dan pengorbanan. Ketersediaan waktu untuk menjalankan proses studi, khususnya untuk belajar merupakan salah satu variabel yang terkadang berat untuk dipenuhi.

Keterjebakan dalam sebuah rutinitas yang memberikan kenyamanan terkadang juga dapat menjadi faktor enggannya seorang dosen untuk melanjutkan studi. Dengan demikian adanya sistem yang dapat memberikan dorongan kepada dosen untuk studi lanjut S3 menjadi tugas tersendiri bagi pimpinan PT.

Penyesuaian aturan di dalam PT untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan, seperti penilaian klasterisasi PT, syarat minimal mendapatkan hibah bagi dosen, dan lain sebagainya tentu harus dilakukan. Program Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta dalam upaya mendorong dosen-dosen di lingkungan Universitas Amikom Yogyakarta, khususnya bidang Informatika untuk studi lanjut S3 juga telah dilakukan dengan beberapa penyesuaian aturan.

Sebagai contoh syarat seorang dosen untuk dapat menjadi tutor dalam team teaching di PJJ S2 Teknik Informatika yang selama ini disyaratkan memiliki gelar Magister kemudian menjadi disyaratkan memiliki gelar Doktor. Demikian pula dengan berbagai penyesuaian dalam aturan PT, seperti dalam statuta yang mensyaratkan jenjang pendidikan dan jabatan fungsional tertentu untuk menduduki jabatan struktural dalam PT, seperti Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan lain sebagainya.

Penyesuaian berbagai aturan tersebut tentu secara tidak langsung akan mendorong dosen untuk melakukan studi lanjut S3 dan meningkatkan jabatan fungsional yang dimilikinya. Apresiasi tinggi tentu perlu diberikan kepada para dosen muda yang memiliki semangat untuk melanjutkan studi S3 karena penugasan dosen untuk tugas belajar ke jenjang S3 merupakan investasi tersendiri bagi PT ke depannya.

Dorongan kepada para dosen muda untuk terus maju, baik secara sistem maupun secara pribadi dari dosen yang lebih senior harus terus dilakukan dan disesuaikan dengan berbagai perubahan yang terjadi. Secara umum tuntutan untuk terus belajar dan mengikuti berbagai perkembangan yang ada merupakan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan oleh seorang dosen.

Pengetahuan dan pengalaman yang akan didapatkan oleh para dosen selama mereka menjalani proses belajar di jenjang Program Doktoral dipastikan menjadi suatu nilai yang sangat berharga bagi yang bersangkutan. Nilai yang diharapkan dapat ditularkan dan menjadi pemicu bagi lahirnya pengetahuan dan pengalaman baru lainnya.

Banyak nilai yang didapatkan dalam pencarian ilmu ini dengan indah diisyaratkan dalam Surat AL Mujadilah ayat ke-11, “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.” Wallahu a’lam.

*Wakil Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Amikom Yogyakarta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement