Sabtu 30 Sep 2023 16:08 WIB

Survei Indikator: Ganjar Unggul Tipis dari Prabowo dan Menang Telak Atas Anies

Ganjar unggul di Jateng, Yogya, Jatim, adapun Prabowo di Jabar, Banten, dan Sulawesi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Erik Purnama Putra
Bacapres Prabowo Subianto, Anies Rasyid Baswedan, dan Ganjar Pranowo.
Foto: ANTARA/Jessica Wuysang,Republika
Bacapres Prabowo Subianto, Anies Rasyid Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas capres untuk periode Agustus-September 2023. Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, capres PDIP Ganjar Pranowo masih yang paling banyak disebut masyarakat ketika disurvei.

"Secara spontan, Ganjar paling banyak disebut 25,8 persen, kemudian Prabowo 23,1 persen dan Anies 13,6 persen," kata Burhanuddin dalam paparan secara daring di Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Baca Juga

Survei melibatkan total 4.090 responden dengan sampel basis nasional 1.200 seluruh Indonesia. Burhanuddin mengakui, dinamika politik yang begitu cepat membuat banyak data terbaru belum terbaca survei.

Dia menerangkan, nama capres lain, di luar Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies Rasyid Baswedan, hanya kurang dari empat persen yang disebut masyarakat. Sedangkan, sekitar 30,7 persen belum menyebut nama capres yang akan dipilih untuk Pilpres 2024.

Ketika dibuat simulasi tiga nama capres, Ganjar kembali unggul dengan raihan 37,4 persen. Ganjar unggul tipis atas Prabowo yang meraih dukungan 33 persen. Adapun Anies hanya mendapatkan 21,5 persen, dan sekitar 8,2 persen belum menunjukkan pilihan capres.

Burhanuddin menuturkan, Ganjar unggul dari beberapa kategori pemilih. Di antaranya, kelompok perempuan usia kurang dari 21 tahun, lebih dari 40 tahun, non-Muslim, etnis Jawa, serta pendidikan menengah dan tinggi.

Kemudian, pemilih Ganjar berasal dari kalangan wiraswasta, pengusaha, ibu rumah tangga, pelajar, pendapatan lebih dua juta di perdesaan. Eks gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut juga unggul sebaran daerah di Provinsi Jateng, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali Nusa.

Dari survei itu, Prabowo terlihat unggul di kelompok usia 22-25 tahun, etnis Sunda, Banten, Jawa Barat, dan Sulawesi. Sedangkan, Anies unggul di kelompok etnis Betawi dan daerah sekitar DKI Jakarta.

"Wilayah lainnya tampak dukungan Prabowo dan Ganjar berimbang, di wilayah Sumatra dukungan tampak terbagi merata Anies, Ganjar, dan Prabowo," ujar Burhanuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement