Selasa 24 Oct 2023 20:19 WIB

Solo Dilanda Hujan Angin, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Pengendara

Pohon tumbang terjadi di beberapa titik.

Rep: c02/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Hujan deras disertai angin melanda Kota Solo, Jawa Tengah sekitar pukul 16.10 WIB. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang di beberapa titik pada Selasa (24/10/2013).

Salah satu pohon beringin yang tumbang terjadi di Jalan Monginsidi, Kestalan, Banjarsari, Solo menimpa pengendara. Satu orang pengemudi mobil dan dua orang pengemudi sepeda motor tertimpa pohon.

Baca Juga

Menurut keterangan salah seorang saksi di lokasi kejadian, Ari mengatakan ada dua motor dan satu mobil tertimpa pohon saat sedang melintas. "Sekitar pukul 16.00 WIB kalau tidak salah hujan dengan angin, tiba-tiba mendengar geluduk (petir) yang keras, saat menoleh ke jalan pohon beringin berukuran besar tumbang dan langsung menimpa mobil yang sedang berjalan," ucap Ari, Selasa (24/10/2023).

Di sisi lain, Kepala Pelaksana Harian BPBD Solo Nico Agus Putranto membenarkan hujan yang turun pada Selasa sore disertai angin. Akibatnya banyak pohon tumbang.

"Hujannya deras disertai angin kencang. Ada pohon tumbang di sejumlah titik," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (24/10/2023) malam.

Pohon tumbang di antaranya terjadi di SMAN 7 Surakarta, depan Stasiun Solo Balapan. Pohon beringin besar di jalan Abdurahman Saleh ambruk menutup jalan dan menimpa jaringan PLN.

Bahkan pohon beringin yang tumbang menimpa mobil pikap Daihatsu Grandmax warna putih. Relawan menyampaikan penumpang kendaraan tersebut dievakuasi ke RS PKU Muhammadiyah Solo.

Pohon tumbang lainya berada di titik lokasi sekitar SMAN 1 Solo, Pasar Jongke, SMAN 4 Solo, Mangkunegaran, RS panti Waluyo, DPRD Kota Solo, Lottemart Tipes. Kemudian, di kawasan Paragon Mall, Pasar Gede depan Stadion Manahan, depan Stasiun Radio Metta FM, dan Pasar Legi.

"TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Kota Surakarta susah melaksanakan asesmen dan evakuasi. Koordinasi dengan instansi pemerintah dan relawan," ujar Nico.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement