Selasa 31 Oct 2023 18:53 WIB

Sharon Stone Nyaris Meregang Nyawa Saat Alami Gaslighting Medis, Apa Itu?

Gaslighting medis paling sering dialami oleh pasien perempuan dan pasien obesitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Sharon Stone
Foto:

Apa itu gaslighting medis?

Situasi yang dialami oleh Stone kala itu dikenal dengan istilah gashlighting medis. Gashlighting medis merupakan sebuah kondisi di mana tenaga medis mengabaikan atau meremehkan keluhan pasien dan bersikeras meyakinkan pasien bahwa keluhan mereka tidak serius dan kekhawatiran mereka tidak beralasan.

Menurut studi, gaslighting medis bisa membawa dampak yang merugikan bagi pasien, seperti keterlambatan menerima diagnosis atau menerima terapi pengobatan yang tidak sesuai. Studi juga mengungkapkan bahwa gaslighting medis paling sering dialami oleh pasien berkulit hitam, pasien obesitas, dan pasien perempuan.

Stone tampaknya setuju dengan temuan tersebut. Stone meyakini bahwa salah satu faktor terbesar yang membuatnya menerima gaslighting medis adalah karena dia seorang perempuan.

Menurut Stone, pengalaman menerima gaslighting medis membuat dirinya tersadar bahwa suara perempuan masih jarang didengar dalam lingkup medis. Terlebih bila tak ada dokter perempuan yang ikut terlibat memberikan penanganan.

Perjuangan memulihkan diri

Meski nyawanya berhasil diselamatkan dengan prosedur endovascular coiling, bukan berarti semua kesulitan yang dihadapi oleh Stone berakhir.  Stone mengungkapkan bahwa serangan strok membuatnya kerap tergagap saat bicara dan sulit untuk berjalan. Tak hanya itu, Stone juga sempat mengalami depresi akibat kondisinya.

Stone harus berjuang....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement