Rabu 01 Nov 2023 14:19 WIB

Ingin Anak Tumbuh Lebih Cerdas? Aktivitas Ini Dipercaya Bisa Membantu

Aktivitas olahrga mendatangkan banyak manfaat bagi anak.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Anak cerdas (ilustrasi). Ada beberapa aktivitas yang dipercaya dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.
Foto: Republika/Mardiah
Anak cerdas (ilustrasi). Ada beberapa aktivitas yang dipercaya dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda ingin anak-anak tumbuh lebih cerdas? Jika ya, mungkin hasil studi terbaru ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

Sebuah studi baru menunjukkan, orang tua yang ingin membesarkan anak-anaknya menjadi lebih cerdas, harus mendaftarkan anak-anak mereka ke olahraga terorganisasi, tidak bermain video game, dan membeli buku.

Baca Juga

Dilansir laman CNBC, Rabu (1/11/2023), ahli saraf di Universitas Eastern Finland menghabiskan dua tahun mempelajari 504 anak-anak berusia antara 6 dan 9 tahun, dalam sebuah studi peer-review yang baru-baru ini diterbitkan. Anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu membaca dan bermain dalam tim olahraga, akan mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih baik dibandingkan mereka yang fokus pada aktivitas lain, mulai dari komputer tanpa pengawasan hingga permainan bebas yang tidak terstruktur.

Hasil terbaik diperoleh ketika anak-anak menggabungkan peningkatan olahraga dan waktu membaca bersama dengan pola makan sehat. Pola makan sehat yang dimaksud yaitu pola makan tradisional Nordik yang mengutamakan produk susu rendah lemak dan lebih sedikit daging merah atau sosis.