Selasa 21 Nov 2023 02:57 WIB

Kemendikbudristek Dukung Pelestarian Musik Tradisional

Kemendikbudristek dukung Lokovasia 2023 sebagai wujud pelestarian musik tradisi.

Red: Gita Amanda
Peserta memainkan alat musik tradisional Kecapi Buhun dari Suku Badui, (ilustrasi). Kemendikbudristek mendukung pelestarian musik tradisi.
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Peserta memainkan alat musik tradisional Kecapi Buhun dari Suku Badui, (ilustrasi). Kemendikbudristek mendukung pelestarian musik tradisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung upaya pelestarian musik tradisional yang salah satunya melalui Program Lokakarya Konservasi dan Inovasi Musik Tradisi Indonesia (Lokovasia) 2023.

“Program Lokovasia 2023 bertujuan sebagai langkah progresif untuk mendorong pelestarian dan eksistensi musik tradisi Indonesia,” kata Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra dalam keterangan di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga

Program Lokovasia 2023 diselenggarakan Kemendikbudristek bersama Yayasan Musik SJ di Bali yang dikemas dalam berbagai bentuk, termasuk diseminasi, visitasi, literasi, dan ekshibisi dengan proses rekrutmen pada 22 Agustus lalu.

Acara yang mencapai puncaknya pada Ahad (19/11/2023) ini, didahului dengan proses seleksi yang ketat terhadap 350 pendaftar dari kalangan perorangan dan grup hingga menghasilkan 81 peserta terpilih, termasuk 10 grup, tiga komponis, lima musisi, dan dua peneliti musik.