Ahad 26 Nov 2023 08:32 WIB

7 Kemenangan Gaza

Negara mana yang kini paling kuat di dunia? Kita yakin, jawabannya: Palestina.

Rep: Rudi/ Red: Partner
.
Foto: network /Rudi
.

Lautan warga Palestina di kota Beitunia, Tepi Barat, menyambut tahanan perempuan dan anak-anak yang dibebaskan Israel. (Quds News Network)

Apakah judul ini paradoks? Belasan ribu jiwa meregang nyawa, jutaan orang mengungsi, ribuan anak meninggal dunia. Ribuan warga lainnya terjebak dalam reruntuhan dan belum diketahui nasibnya, separuh lebih bangunan di Gaza hancur lebur. Sejumlah rumah sakit, masjid, sekolah tidak berfungsi.

Bahkan, menurut laporan Al Jazeera pada Sabtu (26/11/2023), zionis Israel kembali menangkap 17 warga Palestina di Tepi Barat. Hingga meningkatkan jumlah tahanan menjadi 3.160, sejak dimulainya Badai Al Aqsa 7 Oktober lalu. Lantas, dari mana menangnya? Mari kita simak.

Pertama, dari kekuatan militer. Gaza sendirian bertahan, dari pembantaian di luar kemanusiaan. Secara militer hanya dibantu Hizbullah dan Yaman. Hamas, sebagai gerakan masyarakat Palestina tidak punya tank, tak ada pesawat tempur, tak memiliki rudal. Yang digunakan hanya drone, roket, senjata api.

Sedangkan Israel, sebagaimana dilansir AFP, mengutip laporan Institut Internasional untuk Studi Strategis Inggris, merinci Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berjumlah 169.500 orang. Dari jumlah itu, 126 ribu di antaranya tentara. IDF juga memiliki 400 ribu tentara cadangan, sebanyak 360 ribu-nya dimobilisasi.