Kamis 07 Dec 2023 22:34 WIB

Satpol PP Bandung: PKL Dalem Kaum Sudah Direlokasi

Satpol PP Kota Bandung mengklaim PKL Dalem Kaum sudah direlokasi ke basemen Alun-Alun

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bilal Ramadhan
Pengunjung memadati Jalan Dalem Kaum, di kawasan Alun-alun Kota Bandung. Satpol PP Kota Bandung mengklaim PKL Dalem Kaum sudah direlokasi ke basemen Alun-Alun.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung memadati Jalan Dalem Kaum, di kawasan Alun-alun Kota Bandung. Satpol PP Kota Bandung mengklaim PKL Dalem Kaum sudah direlokasi ke basemen Alun-Alun.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Penataan pedagang kaki lima (PKL) kawasan Jalan Dalem Kaum terus berlanjut. Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi memastikan per hari ini (Kamis, 7/12/2023), seluruh PKL di kawasan tersebut sudah dipindahkan ke area basement Alun-alun Bandung.

"Sudah 'clean and clear". Kami memindahkan PKL ini ke kawasan basemen," ujar Rasdian, Kamis 7 Desember 2023.

Baca Juga

Ia menyebut, penataan PKL di kawasan Alun-alun Bandung ini sejalan dengan regulasi, kawasan Jalan Dalem Kaum merupakan zona merah PKL. Dengan demikian, kegiatan berjualan di kawasan tersebut dilarang. Selain itu, aspek administrasi juga sudah dilakukan Pemkot Bandung dalam rangkaian penataan ini.

"Pemkot juga sudah beri solusi. Memindahkan para PKL ke kawasan basemen. Di sana sudah ditata, mana area kuliner, mana area non kuliner," kata Rasdian.

Sebagai informasi, kawasan Alun-alun menjadi salah satu target penataan PKL akhir 2023 ini. Selain Alun-alun, kawasan lainnya yang menjadi prioritas antara lain PKL Tegalega.

Adapun saat ini instalasi fasilitas di kawasan basemen Alun-alun masih terus berproses. Pemkot Bandung memastikan, pada Desember ini kawasan baru PKL di Alun-alun ini bisa segera diresmikan.

Sepanjang tahun 2023, Satuan Tugas Khusus (Satgasus) PKL Kota Bandung mencatat sebanyak 1.036 PKL di 23 lokasi yang telah ditata dan direlokasi. Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung selaku Sekretaris Satgasus PKL, Atet Dedi Handiman menyebut selama tahun 2023, pihaknya telah merelokasi dan menata 23 lokasi.

Di antaranya penataan PKL di Jalan Prof Kyekman relokasi dan penataan sebanyak 23 PKL. Selanjutnya, PKL Jalan Ganesa merelokasi 101 PKL dari Jalan Ganesa ke Jalan Gelap Nyawang.

Selain itu, penataan PKL juga dilakukan di Kawasan Tegalega kepada sebanyak 547 PKL kedalam area perkerasan taman, PKL Jalan sumatera sebanyak 18 PKL, penataan dan relokasi PKL basemen Kings Shoping Center sebanyak 19 PKL dan Penataan tempat penjualan PKL Tamansari Food & Fest terdapat 35 PKL serta penataan PKL Basemen Alun-alun sebanyak 140 PKL.

Lalu, Penertiban PKL Jalan Cijagra sebanyak 38 pedagang dan penertiban PKL di Jalan Suryani sebanyak 44 pedagang. Selain itu, ada pula reaktivasi Teras Cihampelas.

“Meski sudah ditata dan direlokasi, masih banyak PKL yang nekat berjualan di zona merah PKL, selain itu tempat relokasi juga masih sangat terbatas, ditambah dengan banyaknya PKL yang ber KTP non Kota Bandung,” kata Atet dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Satgasus PKL Tahun 2023 di Hotel Grandia, Selasa 5 Desember 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement