Senin 01 Jan 2024 08:58 WIB

Viral Pilot dan Pramugari Selingkuh, Ini Lima Dosa Orang yang Nekat Selingkuh

Dalam Islam, selingkuh jelas dilarang sebab terdapat prinsip maqashid syariah

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Perselingkuhan
Foto: pixabay
Ilustrasi Perselingkuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melakukan perselingkuhan adalah tindakan tercela yang sangat melawan cita-cita luhur sebuah pernikahan. Apalagi, perselingkuhan itu dilakukan dengan tenang tanpa beban dan berlangsung lama.

Dalam penghujung 2023, jagat maya dihebohkan dengan curahan hati seorang istri pilot yang juga merupakan seleb Tiktok, Ira Nandha. Ia bercerita suaminya berselingkuh dengan pramugari. Bahkan, ini merupakan perselingkuhan yang keenam kalinya.

Baca Juga

BACA JUGA: Viral Pilot dan Pramugari Selingkuh, Psikolog Ungkap Alasan Mengapa Orang Berselingkuh

Dalam Islam, selingkuh jelas dilarang. Sebab, terdapat prinsip maqashid syariah yang pada dasarnya merupakan rambu-rambu bagi umat Islam untuk memelihara lima perkara, yakni menjaga akidah (tidak musyrik), memelihara diri dan akal (kehidupan), memelihara atau menjaga nafsu, memelihara keturunan, dan memelihara harta.

Maka itu, ketika seseorang melakukan perselingkuhan, begitu banyak pakem syariat yang dia tabrak. Berikut sejumlah dosa yang akan didapatkan pelaku perselingkuhan.

Dosa Orang yang Selingkuh

. Dosa zina

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat An Nur ayat 2:

اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِىۡ فَاجۡلِدُوۡا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنۡهُمَا مِائَةَ جَلۡدَةٍ‌ ۖ وَّلَا تَاۡخُذۡكُمۡ بِهِمَا رَاۡفَةٌ فِىۡ دِيۡنِ اللّٰهِ اِنۡ كُنۡتُمۡ تُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ‌ۚ وَلۡيَشۡهَدۡ عَذَابَهُمَا طَآٮِٕفَةٌ مِّنَ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ

"Azzaaniyatu wazzaanii fajliduu kulla waahidim minhumaa mi'ata jaldatinw wa laa taakhuzkum bihimaa raafatun fii diinil laahi in kuntum tu'minuuna billaahi wal Yawmil Aakhiri wal yashhad 'azaabahumaa taaa'ifatum minal mu'miniin."

Yang artinya, "Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali, dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama (hukum) Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian; dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang yang beriman."

Dosa menyakiti pasangan...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ۨالَّذِيْنَ يَتَرَبَّصُوْنَ بِكُمْۗ فَاِنْ كَانَ لَكُمْ فَتْحٌ مِّنَ اللّٰهِ قَالُوْٓا اَلَمْ نَكُنْ مَّعَكُمْ ۖ وَاِنْ كَانَ لِلْكٰفِرِيْنَ نَصِيْبٌ قَالُوْٓا اَلَمْ نَسْتَحْوِذْ عَلَيْكُمْ وَنَمْنَعْكُمْ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ۗ فَاللّٰهُ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ وَلَنْ يَّجْعَلَ اللّٰهُ لِلْكٰفِرِيْنَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ سَبِيْلًا ࣖ
(yaitu) orang yang menunggu-nunggu (peristiwa) yang akan terjadi pada dirimu. Apabila kamu mendapat kemenangan dari Allah mereka berkata, “Bukankah kami (turut berperang) bersama kamu?” Dan jika orang kafir mendapat bagian, mereka berkata, “Bukankah kami turut memenangkanmu, dan membela kamu dari orang mukmin?” Maka Allah akan memberi keputusan di antara kamu pada hari Kiamat. Allah tidak akan memberi jalan kepada orang kafir untuk mengalahkan orang-orang beriman.

(QS. An-Nisa' ayat 141)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement