Rabu 03 Jan 2024 22:49 WIB

Bareskrim Polri Terima Pelaporan Cyber Indonesia Terhadap Roy Suryo

Polisi masih mempelejari laporan tersebut dan akan memanggil pihak terlapor.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Eks menpora Roy Suryo menyerang cawapres Gibran Rakabuming Raka yang memakai tiga mikrofon saat debat.
Foto: Republika.co.id
Eks menpora Roy Suryo menyerang cawapres Gibran Rakabuming Raka yang memakai tiga mikrofon saat debat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mabes Polri menerima pelaporan kelompok masyarakat atas terlapor mantan Menteri Pemuda dan Olahra (Menpora) Roy Suryo. Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Humas Mabes Polri Komisaris Besar (Kombes) Erdi Chaniago mengatakan, laporan terkait dengan tudingan penggunaan tiga mikrofon Cawapres Gibran Rakabuming saat debat calon wakil presiden itu, saat ini dalam telaah dan analisa.

“Bahwa benar, ada kelompok masyarakat yang melaporkan pemilik akun X bernama @KRMTRoySuryo1,” kata Kombes Erdi melalui siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (3/1/2024).
 
“Setelah menerima laporan tersebut, penyidik akan menganalisanya dan akan mengklarifikasi kepada pihak terlapor,” kata Kombes Erdi.
 
Saat ini, kata Kombes Erdi laporan tersebut dalam kajian tim penyidik di Bareskrim Polri. Kombes Erdi menerangkan, dalam laporan yang diterima oleh kepolisian, Roy Suryo dilaporkan atas sangkaan tindak pidana ujaran kebencian, dan berita bohong. Pelapor, mengacu pada penjeratan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) Undang-undang (UU) 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Pasal 14 KUH Pidana, dan Pasal 15 KUH Pidana, serta Pasal 207 KUH Pidana.
 
“Laporan tersebut saat ini, dalam proses, dan akan diproses hukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Kombes Erdi.
 
Pada Rabu (3/1/2024) sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Cyber Indonesia melaporkan Roy Suryo ke Bareskrim Polri. Roy Suryo yang juga dikenal sebagai pakar telematika itu dilaporkan atas pernyataannya di akun media sosial X miliknya, yang menyampaikan tiga jenis mikrofon yang dipakai Gibran Rakabuming saat debat cawapres lalu berbeda dengan jenis mikrofon yang digunakan dua cawapres lainnya.
 
Akibat pernyataan Roy Suryo itu, muncul spekulasi di publik tentang adanya kesengajaan pemberian fasilitas berbeda dari KPU untuk putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.
 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَلِذٰلِكَ فَادْعُ ۚوَاسْتَقِمْ كَمَآ اُمِرْتَۚ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْۚ وَقُلْ اٰمَنْتُ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنْ كِتٰبٍۚ وَاُمِرْتُ لِاَعْدِلَ بَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ ۗ لَنَآ اَعْمَالُنَا وَلَكُمْ اَعْمَالُكُمْ ۗ لَاحُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا ۚوَاِلَيْهِ الْمَصِيْرُ ۗ
Karena itu, serulah (mereka beriman) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu (Muhammad) dan janganlah mengikuti keinginan mereka dan katakanlah, “Aku beriman kepada Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan agar berlaku adil di antara kamu. Allah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami perbuatan kami dan bagi kamu perbuatan kamu. Tidak (perlu) ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah (kita) kembali.”

(QS. Asy-Syura ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement