Kamis 11 Jan 2024 14:10 WIB

Anies dan Ganjar Berpeluang Koalisi, Nusron Wahid: Pilpres Kan Satu Putaran

Pasangan Prabowo-Gibran fokus ingin menang satu putaran saja.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat diwawancarai wartawan di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Senin (8/1/2024).
Foto: Republika/Febryan A
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid saat diwawancarai wartawan di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Senin (8/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Nusron Wahid, mengatakan, pihaknya tidak terpengaruh dengan wacana koalisi pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud pada putaran kedua Pilpres 2024. Dia menyebut, Prabowo-Gibran fokus ingin menang satu putaran saja.

"Kami belum ada bayangan dua putaran. Kami yakin satu putaran saja, dan 14 Februari 2024 itu pilpres sudah selesai," kata Nusron di Media Center Prabowo-Gibran di Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024).

Baca Juga

Karena optimisme menang satu putaran, menurut Nusron, TKN tidak memikirkan koalisi lagi setelah ini. Mereka yakin Prabowo-Gibran menang satu putaran karena survei yang dilakukan lembaga kredibel dan juga survei internal, elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik mendekati 50 persen.

Nusron menyebut, banyak dari masyarakat menginginkan Pemilu satu putaran saja karena lelah dengan kontestasi Pemilu 2024. Politikus Partai Golkar tersebut menganggap, rakyat ingin pilpres selesai pada 14 Februari 2024. Kemudian, mereka bisa fokus pada persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain itu, kata dia, menyudahi pilpres satu putaran juga untuk efisiensi biaya. Dengan mencegah Pilpres 2024 berlangsung dua putaran, Nusron menambahkan, kontestan pemilu bisa menghemat anggaran negara yang dikelola KPU sebanyak Rp 27 triliun.

"Rp 17 triliun anggaran KPU untuk penyelenggaraan dan Rp 10 triliun untuk anggaran pengamanan,"ujar Nusron. Selain itu, pilpres satu putaran juga efisien untuk anggaran kampanye dari tim sukses dan juga pihak yang terlibat di kontestasi.

Diberitakan capres Ganjar Pranowo mengaku membuka peluang kolaborasi bersama pasangan nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin) apabila Pilpres 2024 harus berjalan dua putaran. Ganjar menjawab pertanyaan awak media mengenai Anies bersalaman dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani usai debat ketiga capres.

"Ya semua kemungkinan dapat terjadi. Saya juga salaman sama Mas Anies, salaman juga dengan Pak Prabowo juga. Jadi Mas Anies kita salaman, Pak Prabowo salaman, saya salaman semuanya," kata Ganjar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (10/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement