Selasa 13 Feb 2024 15:37 WIB

5 Perkara yang Semakin Dicintai dan 5 Perkara yang akan Dilupakan Manusia di Akhir Zaman 

Tanda akhir zaman akan terlihat dari perkara yang disukai dan dilupakan

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa dilindungi dari fitnah akhir zaman. Tanda akhir zaman akan terlihat dari perkara yang disukai dan dilupakan
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Ilustrasi berdoa dilindungi dari fitnah akhir zaman. Tanda akhir zaman akan terlihat dari perkara yang disukai dan dilupakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaih al-Ibad menyampaikan sabda Nabi Muhammad SAW terkait lima hal yang lebih dicintai umat manusia di akhir zaman. Serta lima hal yang dilupakan umat manusia di akhir zaman.

سَيَأْتِي عَلَى أُمَّتِي زَمَانٌ يُحِبُّونَ الْخَمْسَ وَيَنْسَوْنَ الْخَمْسَ يُحِبُّونَ الدُّنْيَا وَيَنْسَوْنَ الْآخِرَةَ وَيُحِبُّونَ الْحَيَاةَ وَيَفْسُونَ الْمَوْتَ وَيُحِبُّونَ القُصُورَ وَيَنْسَوْنَ الْقُبُورَ وَيُحِبُّونَ الْمَالَ وَيَنْسُونَ الْحِسَابَ وَيُحِبُّونَ الْخَلْقَ وَيَنْسَوْنَ الْخَالِقَ .

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Akan datang suatu masa, dimana umatku lebih mencintai kepada lima perkara dan melupakan lima perkara lainnya. Yaitu lebih mencintai duniawi dan melupakan ukhrawi (akhiratnya). Lebih cinta hidup dan melupakan mati. Mencintai gedung-gedang bermahligai dan lupa kubur. Mencintai harta benda dan melupakan hisab. Mereka lebih mencintai kepada sesama makhluk dan melupakan Sang Khaliq, Allah SWT." (Nashaih al-Ibad, Syekh Nawawi al-Banteni)

Pada akhir masa, umat manusia akan lebih mencintai kepada lima perkara dan melupakan lima perkara lainnya. Dilansir dari kitab Nashaih al-Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008, berikut masing-masing kelima perkara itu: