Jumat 16 Feb 2024 23:06 WIB

Ingin Rezeki Semakin Lancar? Baca Doa yang Sering Didengar Aisyah dari Rasulullah SAW Ini 

Rasulullah SAW mengajarkan doa untuk memperlancar rezeki.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi pekerja. Rasulullah SAW mengajarkan doa untuk memperlancar rezeki
Foto:

Ikhtiar

Selain berdoa, seorang Muslim juga diperintahkan untuk terus berikhtiar. Guru Besar Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Mohamed Sayed Ahmed El-Mesir, menuturkan, Alquran memerintahkan umat Muslim untuk menjemput rezeki dengan usaha atau ikhtiar. Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

"Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan." (QS Al-Mulk ayat 15)

Nabi SAW juga mengajarkan kepada para sahabatnya, bahwa bekerja adalah suatu kehormatan. Beliau SAW juga mengingatkan bahwa penghasilan terbaik adalah yang bersumber dari pekerjaannya dengan tangannya sendiri.

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Berangkatlah pagi-pagi sekali untuk mencari kayu bakar, kemudian bersedekah dengannya dan menjaga diri dari manusia. Sungguh ini lebih baik dari pada meminta-minta, diberi maupun tidak. Karena sesungguhnya tangan di atas lebih utama ketimbang tangan di bawah. Mulailah memberi kepada orang yang menjadi tanggunganmu" (HR Muslim)

Sumber: dorar

photo
Infografis 3 Tanda Allah Menjawab Doa Kita - (Republika.co.id)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement