Sabtu 23 Mar 2024 12:00 WIB

Sempat Dievakuasi ke Tenda, Pasien RS Unair Kembali Jalani Perawatan di Dalam Gedung

Ada bagian dari gedung RS Unair yang mengalami kerusakan akibat gempa Tuban.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Suasana tenda darurat yang dibangun di halaman RS Unair  Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024). Pihak rumah sakit mengevakuasi sejumlah pasien ke luar gedung setelah terjadinya gempa bumi susulan yang berpusat 130 kilometer timur laut Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan berdampak di Surabaya.
Foto: Dok Republika
Suasana tenda darurat yang dibangun di halaman RS Unair Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024). Pihak rumah sakit mengevakuasi sejumlah pasien ke luar gedung setelah terjadinya gempa bumi susulan yang berpusat 130 kilometer timur laut Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan berdampak di Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pasien Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) kembali menjalani perawatan di gedung rumah sakit. Sebelumnya, ratusan pasien RS Unair harus dievakuasi ke tenda darurat karena dikhawatirkan kembali terjadinya gempa susulan. Dimana gedung RS Unair turut terdampak gempa Tuban, yang terjadi pada Jumat (22/3/2024).

"Pasien yang telah dievakuasi ke luar gedung, secara bertahap sejak sore (kemarin) telah dimasukkan kembali ke dalam kamar perawatan rumah sakit, dengan tetap mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi," kata Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik Unair, Martha Kurnia, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga

Martha membenarkan adanya bagian dari gedung RS Unair yang mengalami kerusakan akibat gempa Tuban. Yakni ditemukan adanya kerusakan nonstruktur di gedung Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI), tepatnya di sisi luar dan sambungan antarbagian. RSKI tersebut merupakan bagian dari RS Unair.

"Namun gedung RSKI selama ini lebih banyak dipakai untuk aktivitas riset, sehingga minim pasien," ujar Martha.