Sabtu 23 Mar 2024 17:53 WIB

Prudential Syariah dan BMH Serahkan Bantuan APD Tanggap Bencana Nusantara

SAR Hidayatullah telah aktif sejak tahun 2004 dalam melaksanakan tugas kemanusiaan.

Red: Gita Amanda
Prudential Syariah bersama BMH (Baitul Maal Hidayatullah) menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Search and Rescue (SAR) Hidayatullah dalam acara yang bertempat di Depok, Jawa Barat (20/3/2024).
Foto: BMH
Prudential Syariah bersama BMH (Baitul Maal Hidayatullah) menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Search and Rescue (SAR) Hidayatullah dalam acara yang bertempat di Depok, Jawa Barat (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prudential Syariah bersama BMH (Baitul Maal Hidayatullah) menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Search and Rescue (SAR) Hidayatullah dalam acara yang bertempat di Depok, Jawa Barat (20/3/2024). Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Mahmudin, kepada Ketua Umum SAR Hidayatullah, Irwan Harun.

SAR Hidayatullah telah aktif sejak tahun 2004 dalam melaksanakan tugas kemanusiaan dan kegiatan penyelamatan korban bencana. Penyelamatan dan pertolongan terhadap korban tsunami Aceh pada tahun 2004 merupakan operasi pertama bagi SAR Hidayatullah.

Baca Juga

Pada tahun 2022, SAR Hidayatullah terdaftar sebagai Potensi SAR yang selalu siap mendukung Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Basarnas dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

photo
Prudential Syariah bersama BMH (Baitul Maal Hidayatullah) menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Search and Rescue (SAR) Hidayatullah dalam acara yang bertempat di Depok, Jawa Barat (20/3/2024). - (BMH)

Secara geografis, Indonesia berada di wilayah cincin api pasifik, yang terdapat pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Keberadaan "Ring of Fire" tersebut secara saintis menyebabkan Indonesia rawan dilanda bencana, seperti gempa bumi, gunung meletus, dan banjir.

Bantuan perlengkapan Alutsista dan Alat Pelindung Diri (APD) dari Prudential Syariah ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan SAR Hidayatullah dalam melaksanakan operasi tanggap darurat bencana nusantara, kegiatan pendidikan, dan penyelenggaraan kegiatan pelatihan pertolongan bagi korban bencana.

"Alat pelindung diri (APD) adalah seperangkat alat yang digunakan tenaga kerja untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya atau penyakit akibat kerja. Bantuan APD dari BMH dan Prudential Syariah ini memungkinkan kami untuk mengabdi melalui kegiatan SAR secara aman dan maksimal," ujar Irwan Harun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement