REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jersei timnas Indonesia memiliki brand baru, Erspo, produk nasional yang baru diluncurkan pada Maret 2024. Sejauh ini, membawa keberuntungan bagi til asuhan Shin Tae-yong.
Dalam dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dimainkan Timnas Indonesia melawan Vietnam, keduanya berakhir dengan kemenangan. Saat tanding di Jakarta dengan jersei merah-merah menang 1-0 pada 21 Maret, dan saat tanding di Hanoi dengan jersei putih-putih pada 26 Maret Timnas menang 3-0.
Kemenangan ini tak hanya membawa Timnas melesat ke peringkat kedua klasemen sementara grup F kualifikasi piala dunia zona Asia fase kedua. Tetapi juga membuat Timnas Indonesia melonjak peringkatnya dari 142 ke 134 atau naik delapan tingkat. Ini prestasi terbaik dalam kurun 13 tahun. Saat itu tahun 2011 peringkat Indonesia di posisi 130 dunia.
Owner Erspo Muhammad Sadad ketika berbincang dengan Republika.co.id, Kamis (4/4/2024) di Kantor Garuda Sepak bola Indonesia (GSI) Jakarta berharap kemenangan demi kemenangan akan diraih Timnas Indonesia.
"Tentu kemenangan ini bukan semata karena jersei saja. Saya berharap Timnas terus meraih kemenangan. Untung peringkat FIFA harapannya Indonesia bisa tembus 100 dunia," ujar Sadad.
Ketika ditanya apakah nanti saat menjalani laga kandang bulan Juni 2024 menjamu Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6) di SUGBK Senayan Jakarta akan kembali menggunakan jersei keberuntungan, Sadad tak memberikan kepastian.
"Bisa saja pakai merah-merah, putih-putih atau merah-putih atau akan kita pakai jersei ketiga yang belum di launching (red: informasi jersei ketiga warna hijau). Tunggu saja nanti kita akan pakai yang mana," ujar Sadad.