Rabu 17 Apr 2024 11:15 WIB

Empat Doa untuk Kedua Orang Tua

Anak harus mendoakan orang tua agar mereka dimudahkan di akhirat.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesuksesan seorang anak seringkali dianggap bergantung pada doa dari orang tua. Doa merupakan kekuatan spiritual yang diyakini mampu memberikan perlindungan dan membuka jalan bagi kesuksesan seseorang. 

Orang tua yang berdoa untuk anak-anaknya tidak hanya mengungkapkan harapan mereka, tetapi juga menunjukkan kasih sayang yang mendalam.

Baca Juga

Oleh karena itu, seorang anak juga harus selalu mendoakan kedua orang tuanya sebagai bentuk penghormatan dan kasih sayang. Tindakan ini mencerminkan nilai-nilai yang ditanamkan dalam keluarga tentang pentingnya menghormati dan merawat orang tua.

Adapun doa-doa yang bisa diucapkan untuk kedua orang tua, di antaranya:

Pertama, doa memohon ampunan diri sendiri dan orang tua

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَلِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

 

Rabbighfirli wa liwalidayya wa liman dakhala bayti mukminan wa lilmu'minin wal mu'minaati wa laa tazidiz zhalimiina illaa tabaaraa

Tuanku! Maafkan aku, orang tuaku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan iman, dan 'semua' pria dan wanita yang beriman. Dan memperbanyak orang-orang yang zalim hanya dalam kehancuran.

Kedua, doa untuk orang tua dan orang-orang mukmin

رَبَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَلِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Rabbighfirlii wa liwaalidayya wa lilmukminiina yawma yaquumul hisaab.

Tuhan kami! Ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang yang beriman pada hari kiamat.

Ketiga, doa agar Allah memberikan rahmat kepada kedua orang tua

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Rabbirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Tuhanku! Kasihanilah mereka karena mereka membesarkanku ketika aku masih muda.

Keempat, doa menunjukan syukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepada orang tua dan diri sendiri

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وُلِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi awzi'nii an asykura ni'matakal latii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shaalihan tardhaahu wa adkhilnii birahmatika fii ibaadikas shalihin.

Ya Tuhanku, berilah aku kemampuan untuk mensyukuri nikmat-Mu yang Engkau anugerahkan kepadaku dan kedua orang tuaku, dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhoi. Dan masukkan aku dengan rahmat-Mu ke dalam hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement