Kamis 25 Apr 2024 10:04 WIB

Kemenag Pekalongan Berangkatkan 335 Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci

Jamaah haji Pekalongan rencananya diberangkatkan pada 21 dan 22 Mei 2024.

Red: Ani Nursalikah
Petugas membantu jamaah calon haji.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Petugas membantu jamaah calon haji.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan, Jawa Tengah pada tahun ini memberangkatkan 335 calon haji ke Tanah Suci, Makkah.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan Kasiman Mahmud Desky mengatakan semua calon haji telah mengikuti manasik mulai 22 April 2024. Pada tahun ini, calon haji termuda berasal dari daerah setempat berusia 19 tahun dan tertua 88 tahun.

Baca Juga

Dia menyebut 335 calon haji tersebut akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam dua kelompok terbang (kloter), yaitu Kloter 38 dan 39. Para calon haji tersebut, kata dia, akan didampingi lima petugas dan tiga tim pemandu haji daerah (TPHD).

"Mereka rencananya diberangkatkan pada 21 dan 22 Mei 2024 melalui Bandara Internasional Adisumarmo Solo," katanya, Selasa (23/4/2024).

Kasiman mengatakan jumlah calon haji pada 2024 lebih banyak daripada tahun sebelumnya yang 315 calon haji.

"Ya, ada penambahan kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 20 ribu yang dibagi ke seluruh wilayah kabupaten/kota Indonesia, di mana Kota Pekalongan ada penambahan kuota sekitar 30 orang," katanya.

Ia berharap, para calon haji bisa membawa nama baik bangsa dan negara Indonesia, serta dalam kondisi sehat.

"Ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Tahun ini sesuai regulasi yang diterapkan pemerintah Indonesia bahwa calon jamaah haji yang melunasi merupakan yang sudah dinyatakan lulus tes kesehatan dan melampirkan surat keterangan sehat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement