Sabtu 27 Apr 2024 11:58 WIB

TN Baluran dan Polres Situbondo Kolaborasi Patroli Kawasan Konservasi

Patroli gabungan ini respons informasi pencurian terumbu karang.

Red: Fuji Pratiwi
Pengunjung memotret pemandangan alam di Batu Hitam, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (23/7/2020).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Pengunjung memotret pemandangan alam di Batu Hitam, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (23/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Situbondo berkolaborasi dengan petugas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, mulai rutin melaksanakan patroli di perairan laut kawasan konservasi. Hal ini sebagai bentuk respons informasi pencurian terumbu karang serta penggunaan alat penangkapan ikan yang dilarang.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto pelaksanaan patroli gabungan ini selain untuk mencegah tindak pidana pengambilan terumbu karang juga dapat mengubah zona inti dari kawasan konservasi Taman Nasional Baluran di Kecamatan Banyuputih itu.

Baca Juga

"Patroli perairan gabungan ini juga dilaksanakan dengan meninjau taman terumbu karang menggunakan snorkeling dari permukaan guna melihat adanya jejak atau tanda kerusakan terumbu karang," kata Dwi di Situbondo, Sabtu (27/4/2024).

Kapolres menceritakan petugas gabungan yang menyelam dengan snorkeling mengecek kondisi taman terumbu karang di kawasan konservasi tersebut, dan hasilnya terumbu karang di Pantai Bilik masih bagus alias tidak rusak.