Selasa 21 May 2024 17:48 WIB

5 Pilar Menuju Kebahagiaan Menurut Psikolog, Apa Saja?

Ada beberapa tip menuju kebahagiaan berdasarkan 5 pilar Perma.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Wanita bahagia (ilustrasi). Ada beberapa pilar menuju kebahagiaan menurut psikolog.
Foto: www.freepik.com
Wanita bahagia (ilustrasi). Ada beberapa pilar menuju kebahagiaan menurut psikolog.

REPUBLIKA.CO.ID. JAKARTA -- Dalam hidup, seseorang tentunya ingin selalu merasakan kedamaian, juga dianugerahi kesehatan, kesejahteraan, serta kebahagiaan. Semua hal itu tidak datang begitu saja, tetapi perlu diupayakan.

Salah satu penggagas gerakan psikologi positif, Mihalyi Csikszentmihalyi, pernah mengulas itu dalam bukunya yang berjudul Flow rilisan 1991. Dia mengatakan, seseorang perlu terlibat sepenuhnya dalam setiap detail kehidupan, entah itu baik atau buruk, guna menemukan kebahagiaan.

Baca Juga

Dikutip dari laman NZ Herald, Selasa (21/5/2024), penelitian psikologis menunjukkan bahwa kesejahteraan jangka panjang berasal dari komitmen mengejar kesenangan dan makna. Psikolog Martin Seligman pernah memaparkan model "Perma" untuk mencapai kesejahteraan.

"Perma" adalah akronim yang mewakili lima pilar kesejahteraan. Menurut Seligman, itu adalah emosi positif, keterlibatan, hubungan, makna, dan pencapaian. Model ini menyarankan pemenuhan kebutuhan mendasar dan psikologis manusia, yakni kompetensi, otonomi, dan keterhubungan.