Jumat 24 May 2024 16:40 WIB

Pesantren Berperan Strategis Sukseskan Pilkada 2024

Pesantren memiliki potensi besar untuk perintisan dan pengembangan industri halal.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan santri  di pesantren.
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi kegiatan santri di pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aparat Polres Pamekasan, Jawa Timur, mulai melakukan kunjungan ke sejumlah pondok pesantren di wilayah itu, mengajak santri dan pengasuh untuk mendukung terwujudnya situasi kondusif menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

"Pesantren dan ulama memiliki peran penting dalam ikut menciptakan situasi kondusif dalam proses demokrasi," kata Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan saat berkunjung ke Pondok Pesantren Sabilul Ikhsan di Desa Teja Timur, Pamekasan, Jawa Timur, Rabu.

Baca Juga

Kapolres berkunjung ke pesantren asuhan KH Hamid Mannan Munif didampingi Wakapolres Kompol Andy Purnomo dan Kasat Intelkam Polres Pamekasan AKP Sumarto.

Peran penting pesantren dan ulama di Kabupaten Pamekasan terbukti sangat penting dan dominan saat pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten pada 14 Februari 2024.

 

Kapolres menjelaskan, saat itu, pelaksanaan pesta demokrasi di Pamekasan bukan tanpa masalah.

 

"Tapi dengan pendekatan yang baik berkat peran aktif ulama, masalah yang terjadi di lapangan mampu kita selesaikan dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang ada," kata Kapolres.

 

Karena itu, kata dia, menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2024 kali ini, pihaknya kembali melakukan pendekatan kepada pada ulama dan lembaga pondok pesantren yang ada di Pamekasan untuk mengajak pengasuh ikut proaktif menciptakan situasi kondusif dalam tahapan pelaksanaan pilkada tersebut.

 

"Sekali lagi, melalui upaya ini, kami berharap semoga akan tercipta kolaborasi yang baik untuk menciptakan situasi kondusif di wilayah Kabupaten Pamekasan yang aman dan nyaman," kata Kapolres.

 

Sesuai jadwal tahapan yang ditetapkan KPU RI, hari "H" Pilkada serentak 2024 pada 27 November.

 

Saat ini, penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan telah merekrut sebanyak 65 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 567 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement