Selasa 28 May 2024 18:40 WIB

Menengok Masjid Qiblatain, Tempat Bersejarah Berubahnya Arah Kiblat

Masjid Qiblatain menjadi salah satu lokasi ziarah yang wajib dikunjungi.

Red: Ani Nursalikah
Masjid Al-Qiblatain menjadi saksi perpindahan kiblat yang semula berada di Masjidi Al-Aqsa menjadi Kabah.
Foto:

Sejarah Perubahan Arah Kiblat

Ada perbedaan pendapat dari para ulama mengenai waktu perpindahan arah kiblat tersebut. Sebagian menyatakan terjadi di Bulan Syakban, dan ada yang mengatakan di Bulan Rajab.

Ada yang mengatakan itu adalah hari Senin. Ada yang mengatakan itu hari Selasa. Ada yang mengatakan sholat Zhuhur, ada yang mengatakan sholat Ashar.

Dikutip dalam laman Kemenag RI, Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitabnya Fathul Bari menyatakan bahwa itu terjadi saat sholat Zuhur. Pendapat yang dianggap paling tepat adalah sholat yang dikerjakan di Bani Salamah pada saat meninggalnya Bisyr bin Barra' bin Ma’rur adalah sholat Zhuhur.

Sementara sholat yang pertama kali dikerjakan di Masjid Nabawi dengan menghadap Ka'bah adalah sholat Ashar. Kisah perpindahan arah kiblat ini bermula ketika Nabi Muhammad mengunjungi ibu dari Bisyr bin Barra' bin Ma’rur dari Bani Salamah yang ditinggal mati keluarganya.

Kemudian tibalah waktu sholat. Nabi pun sholat bersama para sahabat di masjid itu.

Dua rakaat pertama masih menghadap Baitul Maqdis, sampai akhirnya Malaikat Jibril menyampaikan wahyu pemindahan arah kiblat. Wahyu datang ketika baru saja Nabi menyelesaikan rakaat kedua.

Perintah Allah SWT untuk menghadap... Baca di halaman selanjutnya...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement