Rabu 29 May 2024 15:50 WIB

Apa Itu 'All Eyes on Rafah' yang Sudah Diunggah 35 Juta Kali di Medsos?

Melly Goeslaw, Raisa, BCL, hingga Iqbaal Ramadhan mengunggah 'All Eyes on Rafah'.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Foto All Eyes on Rafah. Foto ini telah diunggah hingga 35 juta kali.
Foto: Dok. Instagram
Foto All Eyes on Rafah. Foto ini telah diunggah hingga 35 juta kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah gambar yang menyerukan kepedulian terhadap kondisi warga Palestina ramai dibagikan oleh warganet hingga selebritas dunia. Gambar tersebut menampilkan sekumpulan tenda pengungsian yang tersusun membentuk kalimat "All Eyes on Rafah" atau "Semua Mata Tertuju pada Rafah".

Gambar tersebut kini sudah dibagikan sebanyak lebih dari 35,6 juta kali per Rabu (29/5/2024). Gambar ini dibagikan secara masif oleh warganet di berbagai belahan dunia setelah Israel meluncurkan serangan ke area pengungsian warga Palestina di Rafah pada Ahad (27/5/2024).

Baca Juga

Rafah merupakan sebuah area di wilayah selatan Gaza, Palestina, yang diklaim aman oleh Israel sebagai tempat pengungsian. Namun Israel justru meluncurkan serangan ke area tersebut dan menyebabkan setidaknya 45 orang warga sipil tewas.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sempat menyatakan bahwa serangan mematikan tersebut merupakan sebuah "kemalangan tragis" dalam bahasa Ibrani. Pernyataan tersebut lalu diklarifikasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi "kecelakaan tragis", seperti dilansir NBC News pada Rabu (29/5/2024).