Sabtu 01 Jun 2024 18:01 WIB

Apa bedanya 'Tanggal Kedaluwarsa' dan 'Tanggal Baik Sebelum'?

Tanggal kedaluwarsa berbeda dengan tanggal baik sebelum waktu tertentu.

Red: Friska Yolandha
Ada makanan lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri setelah jangka waktu tertentu.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Ada makanan lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri setelah jangka waktu tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan kemasan umumnya dilengkapi dengan tanggal 'terbaik sebelum' dan 'tanggal kedaluwarsa' pada labelnya. Dalam kebanyakan kasus, paket makanan yang telah melewati tanggal 'terbaik sebelum' akan dibuang. Makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa tentu akan dibuang ke tempat sampah.

Pernah bertanya-tanya apa bedanya tanggal 'terbaik sebelum' dan 'kedaluwarsa'? Secara umum, 'terbaik sebelum' menunjukkan bahwa kualitas, rasa, atau kerenyahan makanan mungkin tidak sama setelah tanggal yang ditentukan sementara tanggal kedaluwarsa menyatakan bahwa makanan tersebut tidak aman untuk digunakan.

Baca Juga

Saat membeli dan menggunakan makanan kemasan, membaca label adalah hal yang paling penting untuk menentukan jenis bahan yang terkandung di dalamnya dan apakah aman digunakan pada tanggal tertentu atau tidak.

Makanan tertentu lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri setelah jangka waktu tertentu dan tanggal kedaluwarsa membantu orang memahami kapan makanan tersebut tidak aman untuk digunakan.