Kamis 06 Jun 2024 13:01 WIB

3 Rekomendasi Museum untuk Bangkitkan Semangat Nasionalisme

Wisata edukasi bisa jadi salah satu cara mudah memaknai hari lahir Pancasila.

Red: Indira Rezkisari
Pengunjung mengamati peta jalur rempah yang dipajang pada pameran Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Rabu (13/12/2023). Pameran Jalur Rempah tersebut menyajikan beragam koleksi sejarah seperti alat pengolah rempah, beragam rempah khas Nusantara, peta jalur rempah, prasati, replika mahkota Kesultanan Kutai Kertanegara (Ketopong), relief Candi Borobudur dan replika Kapal Samudra Raksa yang diharapkan menjadi sarana edukasi bagi pengunjung tentang perjalanan dan pengaruh rempah Nusantara terhadap peradaban dunia. Pameran tersebut berlangsung hingga 31 Desember 2023 dengan tarif museum Rp2.000 per orang.
Foto:

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda di Jakarta mengabadikan peristiwa bersejarah pada 28 Oktober 1928, saat para pemuda dari berbagai daerah Indonesia bersumpah untuk bersatu. Dikelola oleh IHA, museum ini menampilkan koleksi berharga termasuk biola WR.Supratman yang digunakan untuk mengumandangkan lagu "Indonesia Raya" pertama kali.

Pameran foto dan dokumen asli dari era pergerakan pemuda serta rekonstruksi asrama pemuda, juga dapat memberikan pengunjung gambaran mendalam tentang semangat persatuan dan perjuangan para pemuda Indonesia. Museum inipun menawarkan pameran interaktif dan program edukasi yang menekankan pentingnya semangat kebangsaan dan persatuan.

photo
Pelajar mengunjungi Museum Sumpah Pemuda pada peringatan Hari Pahlawan di Jakarta, Kamis (10/11/2022). Museum Sumpah Pemuda menjadi alternatif bagi pelajar untuk memahami tentang sejarah Indonesia pada momentum Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jakarta, yang terletak di sebuah bangunan bergaya Art Deco, merupakan saksi bisu perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945. Museum ini menyimpan artefak penting termasuk mesin tik yang digunakan untuk mengetik naskah proklamasi.

Pameran di museum Perumusan Naskah Proklamasi menggambarkan proses perumusan secara komprehensif dan menampilkan lebih dari seribu benda bersejarah terkait perjuangan kemerdekaan. Museum ini tidak hanya menjadi tempat pengenalan tokoh-tokoh proklamasi tetapi juga pusat kontemplasi sejarah yang edukatif dan menghibur, memperkaya pemahaman pengunjung tentang momen-momen bersejarah tersebut.

photo
Pengunjung mengamati diorama Bung Karno, Bung Hatta, dan Ahmad Soebardjo saat merumuskan naskah Proklamasi di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Museum yang sebelumnya merupakan kediaman perwira Jepang Laksamana Tadashi Maeda dan menjadi tempat perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI itu kini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran sejarah bagi masyarakat tentang detik-detik Kemerdekaan Indonesia. - (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement