Ahad 09 Jun 2024 09:05 WIB

Ajarkan Siswa SD Bahasa Inggris, Guru Harus Tinggalkan Cara Kuno Pakai Metode Shared Book

Shared Reading terbukti berhasil bagi anak keluarga kelompok sosial rendah

Red: Arie Lukihardianti
Pakar Literasi UPI Prof Drs Herli Salim, MEd PhD
Foto: Dok Republika
Pakar Literasi UPI Prof Drs Herli Salim, MEd PhD

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Menguasai bahasa Inggris saat ini menjadi keharusan sebagai bahasa internasional. Namun, kurangnya pemahaman bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar sering membuat orang tua merasa khawatir.

Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia pada bidang ilmu pendidikan literasi, Prof Drs Herli Salim, MEd PhD pun, memiliki solusi bagaimana agar siswa SD bisa lebih cepat menguasai bahasa Inggris.

Baca Juga

Prof Heli menilai, salah satu intervensi yang telah terbukti mendukung perkembangan bahasa awal anak-anak adalah Shared Reading. Beberapa penelitian membuktikan keterkaitan opsi strategi Shared Reading terbukti berhasil bagi anak di keluarga kelompok sosial rendah dan menengah Pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

"Jari sudah seharusnya shared reading ini digelorakan. Yakni, dengan menerapkan pembelajaran yang kontekstual karena bahasa merupakan produk budaya yang tidak bisa lepas dari konteks pengguna dan penggunaanya," ujar Prof Heli yang mengangkat tema tentang Penggunaan Strategi Shared Book Reading untuk Mengoptimalkan Pemerolehan Bahasa Anak di SD Kelas Rendah saat pengukuhan guru besar, belum lama ini.