Selasa 11 Jun 2024 05:04 WIB

Mirip Harun Masiku, Putra Abu Jahal Ini Jadi Buronan Saat Zaman Rasulullah

Ikrimah bin Abu Jahal menjadi buronan setelah fathu Makkah

Red: A.Syalaby Ichsan
 Ikrimah dikenal sebagai pemuda Quraisy yang gagah berani dan seorang penunggang kuda yang mahir.
Foto: Rudolph Gunold
Ikrimah dikenal sebagai pemuda Quraisy yang gagah berani dan seorang penunggang kuda yang mahir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perburuan terhadap bekas kader PDIP Harun Masiku kembali menyeruak di ruang publik. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam beberapa waktu terakhir kembali gencar memeriksa orang-orang yang diduga pernah mengetahui keberadaan tersangka kasus suap mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan tersebut.

Untuk melanjutkan perburuan itu,  KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada Senin (10/6/2024).

Baca Juga

photo
Harun Masiku hingga kini masih buron. - (Republika)

Kisah tentang perburuan terhadap buronan tindak kriminal juga pernah terjadi pada zaman Rasulullah SAW. Saat itu, Ikrimah bin Abu Jahal, seorang putra musuh Rasulullah yang menjadi penjagal kaum Muslimin menjadi buron setelah peristiwa Fathu Makkah atau penaklukkan Makkah.

Istrinya, Ummu Hakim binti al-Harits bin Hasyim, yang sudah masuk Islam lebih dulu betul-betul khawatir memikirkan nasib sang suami yang bisa kapan saja dan di mana saja terbunuh karena status buronan hukuman mati.

Sejak remaja, Ikrimah tumbuh sebagai pribadi yang cerdas, kritis, dan berpikiran progresif. Sayang, waktu itu semangat kesukuan masih kuat dalam dirinya. Alhasil, kebenciannya pada Islam kala itu semata-mata didorong oleh fakta bahwa ayahnya, Abu Jahal, membenci agama tauhid tersebut.

Tewasnya Abu Jahal...

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement