Senin 08 Jul 2024 11:38 WIB

Mengejutkan! Warga Israel Tewas Terinfeksi Amuba Pemakan Otak

Warga Israel itu mengalami gejala demam, sakit kepala dan muntah sebelum tewas.

Rep: Antara/Sputnik/ Red: Teguh Firmansyah
Amuba ilustrasi
Foto: wikipedia
Amuba ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Seorang warga meninggal karena radang otak di Israel beberapa hari setelah tertular amuba Naegleria fowleri yang langka. Amuba itu disebut sebagai "amuba pemakan otak" karena menembus otak manusia melalui hidung.

Kasus penularan amuba Naegleria fowleri itu menjadi kasus kedua yang tercatat di Israel. Media Israel pada Ahad (7/7/2024) melaporkan hal tersebut dengan mengutip rumah sakit tempat pasien tersebut dirawat.

Baca Juga

"Korban pria berusia 26 tahun itu dirawat di rumah sakit sejak Selasa (2/7/2024) dengan gejala demam, sakit kepala dan muntah," kata The Times of Israel.

Pria tersebut mungkin tertular infeksi "amuba pemakan otak" saat berenang di Danau Kinneret, juga dikenal sebagai Laut Galilea, di bagian utara negara tersebut.

Pada saat ini, di mana suhu air di musim panas bisa mencapai 30 derajat Celcius (86 derajat Fahrenheit), merupakan lingkungan yang menguntungkan bagi pertumbuhan mikroorganisme itu, demikian bunyi laporan tersebut.

Halaman selanjutnya...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَلَقَدْ اَخَذَ اللّٰهُ مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَۚ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيْبًاۗ وَقَالَ اللّٰهُ اِنِّيْ مَعَكُمْ ۗ لَىِٕنْ اَقَمْتُمُ الصَّلٰوةَ وَاٰتَيْتُمُ الزَّكٰوةَ وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ وَعَزَّرْتُمُوْهُمْ وَاَقْرَضْتُمُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا لَّاُكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَلَاُدْخِلَنَّكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۚ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Dan sungguh, Allah telah mengambil perjanjian dari Bani Israil dan Kami telah mengangkat dua belas orang pemimpin di antara mereka. Dan Allah berfirman, “Aku bersamamu.” Sungguh, jika kamu melaksanakan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, pasti akan Aku hapus kesalahan-kesalahanmu, dan pasti akan Aku masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Tetapi barangsiapa kafir di antaramu setelah itu, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement