Kamis 11 Jul 2024 16:07 WIB

Mengingat Pesan Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas, Beratnya Dakwah di Era Digital

Dakwah bertujuan untuk memberikan kabar baik dan buruk bagi manusia.

Red: A.Syalaby Ichsan
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas meninggal dunia, Kamis (11/7/2024).
Foto: Tangkapan layar
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas meninggal dunia, Kamis (11/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas dikenal sebagai dai yang kerap berdakwah di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pengasuh Pondok Pesantren Minhajus Sunnah Bogor tersebut meninggal dunia pada Kamis (11/7/2024). Almarhum akan dimakamkan di Bogor, Jawa Barat.

Dalam salah satu kajiannya, dai yang dikenal sebagai sosok yang kerap menyebarkan sunnah tersebut mengungkapkan, dakwah atau menyiarkan ajaran Islam merupakan tugas yang tidak mudah. Terlebih, jika dihadapkan dengan era perkembangan teknologi serbacanggih.

Baca Juga

Dia mengungkapkan, tantangan berat yang harus dihadapi saat ini adalah setiap orang mampu memperoleh informasi secara mudah tanpa harus menghabiskan waktu lama untuk duduk dan berdiam di masjid sambil mendengarkan ceramah agama.

Meski sajian video berisikan ceramah agama bertebaran di media sosial, dia menilai,  masyarakat terkadang tidak memiliki kemampuan untuk menyaring mana dakwah yang berbobot dan mana yang hanya bertujuan menghibur, tanpa adanya penyajian konten yang benar. Melalui tabligh akbar yang diselenggarakan di Masjid Raya al-Musyawarah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu, Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas, menjelaskan jenis dakwah yang terbaik, yaitu dakwah tauhid yang selalu disampaikan Rasulullah SAW.

photo
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas. - (Republika.co.id)

Menurut dia, dakwah bertujuan untuk memberikan kabar baik dan buruk bagi manusia, agar manusia senantiasa menjalankan hidupnya dengan cara yang baik dan tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Melalui surah an-Nisa ayat empat, Allah SWT juga menjelaskan fungsi diutusnya rasul-rasul sebagai penyampai dakwah, yang tak lain berupa kabar baik dan buruk bagi manusia. "(Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

"Tujuan dakwah yang lain adalah untuk memberikan hidayah kepada manusia. Sehingga ketika pulang dari majelis ilmu, seorang Muslim mempunyai bekal dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," kata Ustadz Yazid.

Ketauhidan seseorang sangat diperlukan untuk menentukan sampai atau tidaknya berita yang terkandung dalam dakwah. Jika seseorang tidak memiliki tauhid atau kepercayaan akan kekuasaan Allah sebagai pencipta segala makhluk maka sebagus apapun konten dakwah yang disampaikan, akan dianggap sebagai angin lalu yang tak berbekas.

Sejak awal menyebarkan islam, Rasulullah SAW selalu menanamkan pentingnya rasa tauhid melalui dakwahnya kepada umatnya. Percaya kebesaran Allah SWT dan meyakini bahwa Allah adalah Yang Maha Tunggal merupakan fondasi terbaik untuk membangun pribadi Muslim yang tak tergoyahkan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ الَّذِيْ عِنْدَهٗ عِلْمٌ مِّنَ الْكِتٰبِ اَنَا۠ اٰتِيْكَ بِهٖ قَبْلَ اَنْ يَّرْتَدَّ اِلَيْكَ طَرْفُكَۗ فَلَمَّا رَاٰهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهٗ قَالَ هٰذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّيْۗ لِيَبْلُوَنِيْٓ ءَاَشْكُرُ اَمْ اَكْفُرُۗ وَمَنْ شَكَرَ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ رَبِّيْ غَنِيٌّ كَرِيْمٌ
Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab berkata, “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip.” Maka ketika dia (Sulaiman) melihat singgasana itu terletak di hadapannya, dia pun berkata, “Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mengujiku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (nikmat-Nya). Barangsiapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barangsiapa ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Mahakaya, Mahamulia.”

(QS. An-Naml ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement