Kamis 18 Jul 2024 15:20 WIB

Ustadz Yazid Jawas Pernah Ungkap Kesesatan Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang

Kesesatan Al Zaytun diungkap Ustadz Yazid di buku Mulia dengan Manhaj Salaf.

Red: Karta Raharja Ucu
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas pernah mengungkapkan kesesatan Pesantren Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang.
Foto: Tangkapan layar
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas pernah mengungkapkan kesesatan Pesantren Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Setelah menjalani hukuman penjara selama satu tahun dengan remisi 15 hari, Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang dinyatakan bebas murni, Rabu (17/7/2024). Panji Gumilang divonis dalam kasus penodaan agama Islam. Almarhum Ustadz Yazid bin Abdul Qodis Jawas dalam bukunya Mulia dengan Manhaj Salaf pernah menulis kesesatan di ponpes yang terletak di Indramayu, Jawwa Barat tersebut.

Kesesatan Al Zaytun dibahas Ustadz Yazid Jawas pada Bab 13 Sub Judul Firqah-Firqah Sesat dan Menyesatkan, pendukung sub judul nomor 20 N.I.I (Negara Islam Indonesia) halaman 549. Ustadz Yazid Jawas dalam buku tersebut menyebutkan NII adalah ahlul bid'ah yang sesat dan menyesatkan.

Baca Juga

"Mereka telah pecah menjadi berfirqah-firqah salah satunya adalah Pesantren Al Zaytun yang terletak di Indramayu di bawah pimpinan Abu Toto," tulis Ustadz Yazid Jawas yang meninggal dunia pada Kamis, 11 Juli 2024 tersebut.

Ustadz Yazid Jawas menjelaskan bid'ah yang dilakukan Ponpes Al Zaytun adalah aqidah mereka sangat rusak dan tidak punya pedoman yang jalas dalam aqidah. Bodoh dalam memahami Alquran dan As-Sunnah. Tidak adanya ilmu di antara mereka. Mendirikan khalifah palsu dan menjadikan kaum muslim berbai'at kepada imam mereka. Sebagai mereka meninggalkan sholat dan ibadah lainnya dengan alasan bahwa sekarang adalah periode Mekkah.

Ustadz Yazid Jawas juga menyebut Ponpes Al Zaytun adalah salah satu pesantren dengan ajaran sesat di dalamnya. "Pondok Pesantren Al Zaytun mengajarkan pendidikan Islam yang salafiyah dan memberikan pengamalan sharia secara ketat," tulis Ustadz Yazid Jawas.

Ustadz Yazid bin Abdul Qodis Jawas juga mengungkapkan Pesantren Al Zaytun memiliki hubungan dengan gerakan radikal NII. "NII adalah ahlul bid'ah yang sesat dan menyesatkan ...... Salah satunya pesantren Al-Zaitun (Al Zaytun)," ucap dia.

Lantas apakah Panji Gumilang adalah Abu Toto?...

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement