Senin 15 Jul 2024 21:12 WIB

Sholat Jenazah di Kuburan Ustadz Yazid, Bagaimana Hukumnya? Ini Menurut NU & Muhammadiyah

Pelayat menyolati jenazah Ustadz Yazid di kuburan.

Red: Karta Raharja Ucu
Para pelayat sholat jenazah di depan makam ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas di Makam Los Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (12/7/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Para pelayat sholat jenazah di depan makam ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas di Makam Los Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (12/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Timeline media sosial dipenuhi dengan berita wafatnya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dalam beberapa hari terakhir. Namun ada satu pemandangan yang menjadi pro dan kontra yaitu pelayat Ustazd Yazid sholat jenazah di kuburan karena tidak mendapatkan kesempatan menyolatkan almarhum.

Aktivitas tersebut disebut sebagai ghuluw atau berlebihan dan dianggap menyalahi sunnah yaitu menyembah kuburan karena dalam Manhaj Salafi dilarang menyembah kuburan. Lantas apakah hukumnya sholat jenazah di kuburan?

Baca Juga

BACA JUGA: Gus Nadir Ungkap Jaringan yang Atur Pertemuan Cendikiawan Nahdliyin dan Presiden Israel

Menukil dari NU Online, sholat jenazah di kuburan hukumnya diperbolehkan, baik mayat dimakamkan sebelum dishalati atau sesudahnya. Dasar dari dibolehkannya sholat jenazah di kuburan adalah hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim yang menyebut Rasulullah shalallahu alahi wassalam menshalati jenazah di atas kubur perempuan atau laki-laki yang rajin membersihkan masjid.

Hadist itu diperkuat dengan An-Nasa’i dengan sanad yang shahih, bahwa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam menshalati jenazah Ummu Mahjan di kuburannya, yang telah dikebumikan di malam hari.

Namun hukum boleh sholat jenazah di kuburan tidak berlaku untuk jenazah para nabi setelah kewafatan mereka. Setidaknya ada dua alasan mengapa menyolati jenazah nabi di kuburan tidak sah.

Selanjutnya...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّآ اَنْزَلْنَا التَّوْرٰىةَ فِيْهَا هُدًى وَّنُوْرٌۚ يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّوْنَ الَّذِيْنَ اَسْلَمُوْا لِلَّذِيْنَ هَادُوْا وَالرَّبَّانِيُّوْنَ وَالْاَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوْا مِنْ كِتٰبِ اللّٰهِ وَكَانُوْا عَلَيْهِ شُهَدَاۤءَۚ فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰفِرُوْنَ
Sungguh, Kami yang menurunkan Kitab Taurat; di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya. Yang dengan Kitab itu para nabi yang berserah diri kepada Allah memberi putusan atas perkara orang Yahudi, demikian juga para ulama dan pendeta-pendeta mereka, sebab mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah. Barangsiapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir.

(QS. Al-Ma'idah ayat 44)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement