Rabu 17 Jul 2024 21:25 WIB

Timnas Indonesia U-19 Berpesta Gol, Hajar Filipina 6-0 di Piala AFF U-19

Indonesia memuncaki Grup A dengan nilai tiga dan unggul selisih gol dari Timor Leste.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang Indonesia U-19 Arlyansyah Abdulmanan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina U-19 dalam pertandingan Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Gelandang Indonesia U-19 Arlyansyah Abdulmanan berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina U-19 dalam pertandingan Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-19 menjalani laga perdana Grup A ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024 dengan sempurna. Garuda Muda berpesta gol dengan mengalahkan Filipina U-19 6-0 pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam. 

Timnas U-19 berhasil memuncaki klasemen Grup A dengan keunggulan selisih gol mutlak dari Timor Leste. Kedua tim sama-sama mengumpulkan nilai tiga setelah sebelumnya Timor Leste menaklukkan Kamboja 3-2 pada pertandingan yang lebih awal di tempat yang sama.

Baca Juga

Indonesia akan menghadapi Kamboja pada pertandingan kedua, Sabtu (20/7/2024) pada jam dan tempat yang sama. Sementara Timor Leste akan ditantang Filipina

Jalannya laga

Timns U-19 tampil nyaman dan dominan sepanjang 45 menit. Menggunakan formasi 3-4-3, gol-gol Indonesia justru datang dari para pemain belakang.

Arkhan Kaka dkk langsung tampil menekan sejak awal laga. Baru berjalan satu menit, Indonesia sudah mendapat tendangan penjuru dan melepaskan sebuah tendangan ke arah gawang.

Menit ke-13, Arlyansyah Abdulmanan mencetak gol pertama bagi Indonesia. Sebuah umpan cutback dari Dony Tri Pamungkas ke kotak penalti ke tiang jauh disambuy Arlyansyah dengsn sempurna. Ia mencocor bola tanpa dapat diselamatkan kiper Filipina yang dikawal Castro Cesar Inigo Lii Alonso. Indonesia memimpin 1-0.

Menit ke-19, timnas U-19 mendapat peluang dari tendangan bebas sedikit di depan kotak penalti. Tendangan yang dilepaskan Dony Tri masih mengenai pagar hidup pemain Filipina.

Indonesia menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-22 melalui sundulan keras Iqbal Gwijangge. Gol diawali dari umpan Muhammad Mufli Hidayat ke kotak penalti, yang langsung disambut sundulan keras Iqbal untuk menjebol gawang Filipina.

Tim asuhan Indra Sjafri berpeluang menambah gol pada menit ke-25. Sayang sebuah tendangan menyilang Arkhan Kaka masih membentur tiang jauh Filipina.

Kadek Arel membawa Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-30. Berawal dari tendangan penjuru yang dilakukan Mufli, bola disambut sundulan Kadek.

Kaka memiliki peluang emas menit ke-32, tetapi sundulannya yang dipantulkan masih melebar. Semenit kemudian Riski Afrisal melepaskan tendangan namun masih terlalu lemah.

Iqbal mencetak gol kedua menit ke-43 membawa Indonesia menjadi 4-0. Berawal dari situasi sepak pojok, Tony Firmansyah menyundul bola ke kotak penalti dan langsung disambut Iqbal dengan tendangan mendahului bek Filipina untuk mencetak gol keduanya pada laga ini.

Kadek Arel nyaris menambah gol di menit 45+2, tetapi tendangan masih melambung sehingga skor tetap 4-0 hingga babak pertama usai.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement